Tips Mengatasi Laptop Loading Lambat

Tips Mengatasi Laptop Loading Lambat
Laptop merupakan sebuah perangkat komputer yang sangat menunjang aktivitas pekerjaan. Dengan bentuk fisik yang relatif kecil laptop dapat dibawah kemana saja sehingga mampu menunjang setiap aktivitas pekerjaan yang membutuhkan bantuan komputer dalam proses pengerjaannya.
Komputer loading berat dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi hardware, kerusakan pada software, dan prilaku penggunaan yang kurang prosedural akan menjadikan laptop Anda bekerja dengan tidak optimal alias loading lambat.
Sebuah kondisi yang tentunya ingin Anda hindari disaat Anda sedang memiliki banyak tugas laptop milik Anda justru bermasalah pada loading. Tugas Anda yang mestinya dapat diselesaikan secara cepat akhirnya harus tertunda lantaran laptop mengalami permasalahan. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi laptop loading berat.

1. Bersihkan sistem dari infeksi virus
Gunakan antivirus berkemampuan bagus dan harus up to date. Antivirus out of date tidak bisa memberikan solusi secara maksimal pada komputer Anda. Silakan update antivirus Anda kemudian lakukan full scan untuk membersihkan sistem.

2. Pastikan laptop tidak terinfeksi malware
Laptop Anda berkemungkinan terjangkiti oleh malware pada saat Anda browsing atau download file dari internet. Aktifkan program proteksi malware pada laptop Anda, dan untuk memastikan bahwa laptop bersih dari malware, silakan lakukan scan dengan antivirus yang dilengkapi dengan fitur pembersih malware.

3. Batasi program aktif
Pada saat laptop Anda sedang aktif, sebaiknya matikan aplikasi atau program yang tidak Anda gunakan. Setiap proses dalam komputer, termasuk aplikasi akan memakan space memory dan CPU, semakin banyak program aktif dalam waktu yang bersamaan, maka semakin sempit pula space yang tersisa sehingga mengakibatkan laptop Anda loading sangat lama.

4. Uninstall program yang kurang penting
Sebaiknya cukup memasang aplikasi atau software yang memang benar-benar Anda butuhkan. Semakin banyak aplikasi/software yang terpasang pada laptop Anda, maka kinerja laptop Anda bisa menurun dan menjadikan laptop tersebut cendrung bekerja secara lambat.

5. Periksa kondisi hardware
Pengaruh kerusakan pada salah satu komponen hardware sangat menentukan kinerja komputer/laptop Anda. Silakan diagnosa kondisi hardware Anda. Lakukan pengecekan secara teliti untuk memastikan apakah terdapat hardware yang memang sudah waktunya untuk diganti.

Related posts:

No response yet for "Tips Mengatasi Laptop Loading Lambat"

Post a Comment