4 Cara Untuk Terbebas Dari Hutang

Memiliki hutang memang bukan sebuah hal yang tidak terpuji, akan tetapi jika kita membiasakan diri untuk terus berhutang diluar kemampuan kita yang sebenarnya dan seringkali mengalami kesusahan pada saat harus melunasinya tentunnya hal tersebut sebuah kondisi yang harus dihindari.

Orang berhutang memang sebuah hal yang wajar. Bahkan, mereka yang memiliki aset milyaran pun masih harus mengutang. Namun, kita harus bisa mengenal batas kemampuan kita. Kita tidak boleh berhutang diluar batas kemampuan kita untuk melakukan pembayaran.

Penyesuaian jumlah yang kita hutang dengan jumlah penghasilan kita haru benar-benar bisa menjadi bahan pertimbangan kita sebelum memutuskan untuk meminjam sejumlah uang. Berikut ini adalah 4 tips untuk terbebas dari hutang yang diharapkan bisa bermanfaat bagi Anda.

1. Jangan berpola hidup mewah
Jika Anda bukan seorang jutawan, maka level kehidupan maksimal bagi Anda adalah berpola hidup sederhana. Jangan membiasakan diri menghambur-hamburkan buget Anda agar Anda tidak terdorong untuk meminjam uang.

2. Jangan membiasakan diri berbelanja tanpa kontrol
Sifat pemborosan yang berlebihan akan mendorong Anda untuk cendrung ingin meminjam uang, karena terlalu banyak barang yang Anda beli diluar kemampuan Anda yang sesungguhnya.

3. Cukupi kebutuhan primer Anda
Sebelum Anda membeli barang-barang kebutuhan yang sifatnya sekunder, sebaiknya terlebih dahulu Anda mencukupi kebutuhan primer Anda, dan jangan membeli barang atau kebutuhan yang sifatnya sekunder jika budget Anda kurang dari cukup.

4. Jangan terobesesi dengan kehidupan orang lain
Ketika Anda melihat seseorang atau tetangga Anda yang berpola hidup mewah, Anda tidak boleh mengikutinya jika kondisi Anda memang tidak semendukung mereka. Anda harus mampu mengontrol diri Anda, dan tidak berbelanja diluar kadar kemampuan Anda.

Kendalikan diri Anda semampu Anda, jangan membiasakan diri untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak seberapa Anda butuhkan (kurang prioritas), biasakan diri untuk menabung, hematlah uang Anda, dengan demikian maka Anda dapat terbebas dari hutang yang berpotensi memberatkan kehidupan Anda.

Related posts:

No response yet for "4 Cara Untuk Terbebas Dari Hutang"

Post a Comment