Cara Menghitung Daya Listrik (Watt)

Mengetahui daya listrik atau watt sebenarnya cukup mudah sekali. Namun, bagi sebagian orang yang masih awam dengan listrik mungkin masih belum mengerti bagaimana caranya. Dan mellaui artikel ini saya akan share cara untuk mengetahui besaran daya listrik.

Menyinggung tetang besaran daya listrik, tentunya Anda juga ingin mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah tekanan listrik bisa stabil dan tidaknya. Jika Anda mendapati arus listrik dirumah atau di tempat Anda bekerja tidak dalam kondisi yang memuaskan (stabil) hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya :
  • Instalasi kabel listrik tidak memenuhi standar
  • Menggunakan kabel yang kurang bagus
  • Banyak sambungan kabel yang tidak dibalut isolasi, dll.
Daya listrik yang tidak stabil memang sangat merugikan pengguna, terlebih lagi jika dirumah Anda banyak perangkat elektronik dimana ketika arus listrik sering tidak stabil, maka perangkat electronic seperti televisi, kulkas, kipas, komputer, dan perangkat-perangkat sejenis lainnya dapat mengalami kerusakan dengan lebih mudah. Selain itu, beban biaya pembayaran listrik menjadi mahal karena tekanan daya yang tidak stabil, padahal mestinya pembayaran listrik cukup murah jika dikomparasi dengan totoal penggunaan Anda.

Besaran daya listrik perumahan terbagi menjadi beberapa kategeri, mulai 450 watt, 900 watt, 1300 watt, dst. Jika untuk penggunaan dalam satu rumah dengan jumlah barang elektro yang tidak terlalu banyak, sebenarnya 900 watt sudah lebih dari ukup untuk kebutuhan energi listrik sehari-hari dirumah Anda. Namun, ketika arus listrik bermasalah, maka daya yang diterima cendrung tidak stabil.

Ketika Anda mendapati tekanan arus listrik dirumah Anda sering menurun Anda mungkin ingin mengetahui bagaimana sebenarnya cara untuk mengukur daya listrik dirumah Anda, dan berikut ini adalah caranya.

Lihatlah gambar saklar/MCB dibawah ini

Cara Menghitung Daya Listrik (Watt)

Cara Mengetahui Arus Listrik (Watt)

Parameter MCB diatas adalah 10 ampere dan 230 volt, maka cara untuk menghitung berapa jumlah total daya listrik tersebut adalah dengan menggunakan formula berikut :

Watt = A (Ampere) x (di kalikan) V (Volt)
Watt = 10A x 230V = total daya listrik = 2300 Watt. 

Related posts:

No response yet for "Cara Menghitung Daya Listrik (Watt)"

Post a Comment