Contoh Cerpen Singkat

Pendidikan adalah fase untuk membentuk seseorang menjadi manusia yang berkualitas dengan dibekali ilmu dan pembentukan batiniah yang lebih baik. Setiap orang membutuhkan pendidikan karena dengan pendidikan manusia akan berprilaku lebih baik serta tumbuh menjadi manusia yang lebih bermutu.

Sebelumny saya sudah berbagi artikel contoh cerpen remaja, dan kali ini saya kan berbagi contoh artikel terkait, yaitu contoh cerpen singkat yang mungkin sedang Anda butuhkan.

Disebuah desa kecil Joni menghabiskan waktunya untuk membantu kedua orangtuanya beraktivitas sehari-hari demi sesuap nasi. Keluarha Joni memang jauh dari kata mampu. Untuk mendapatkan sesuap nasi seja keluarga ini harus susah payah terlebih dahulu.

Dengan kondisi keluarganya yang sangat memprihatinkan, Joni masih menyempatkan diri untuk mengikuti kursus pendidikan belajar bahasa Inggris. Joni tidak lagi masuk sekolah setelah lulus SMP karena tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan mengingat orangtuanya tidak cukup mampu untuk membayar biaya pendidikannya.

Meski tidak bisa menlanjutkan pendidikannya disekolahan formal, Joni masih menimba ilmu disebuah lembaga kursusan. Joni mengambil program bahasa Inggris disebuah kursusan yang lokasinya sekitar 3 km dari rumahnya. Joni masuk kursus selama tiga kali dalam sepekan.

Uang jajan yang diberi oleh orangtuanya disimpan oleh Joni untuk biaya kursusnya. Joni tidak pernah menggunakan uang jajan yang diberikan oleh orangtuanya untuk membeli barang atau jajan sebagaimana layaknya anak seusia dia.

Dua bulan sudah Joni menimba ilmu bahasa Inggris dikursusan tersebut. Joni hanya membutuhkan satu bulan lagi untuk lulus dan akan memiliki sertifikasi bahasa Inggris yang legal. Hal ini semakin menambah semangat Joni untuk terus belajar secara maksimal dan bersungguh-sungguh.

Meskipun tidak bisa melanjutkan pendidikannya di sekolah formal, namun Joni tetap menyimpan harapan bahwa kelak dia bisa melanjutkan studi di SMA sebagaimana yang dilakukan anak-anak seusia dia.

Satu bulan terlewati, dan Joni akhirnya benar-benar lulus dengan nilai yang sangat fantastis. Joni mendapatkan nila A untuk semua kategori. Nilai bagus yang didapatkan Joni pun akhirya berbuah manis, karena ada seorang staff pengajar yang menawarkan beasiswa kepada Joni.

Dengan kebersediaannya mengikuti semua prosedur untuk mendapatkan program beasiswa Joni pun lantas mengikuti sesi tes. Dan Joni pun akhirnya benar-benar mendapatkan beasiswa, dan dia akan melanjutkan pendidikan formalnya disalah satu sekolahan Negeri yang memiliki reputasi sangat bagus.

Demikian artikel cerpen singkat yang diharapkan bisa bermanfaat untuk para pembaca yang sedang membutuhkan referensi contoh cerpen singkat.

Related posts:

No response yet for "Contoh Cerpen Singkat"

Post a Comment