Contoh Naskah Drama 1 Babak

Drama 1 babak adalah sebuah drama yang dimainkan hanya dalam 1 babak. Secara teori, penulisan naskah drama 1 babak tidak ada bedanya dengan naskah drama 2 atau 3 babak. Poin terpentingnya adalah penulisan naskah drama itu sendiri yang dalam hal ini harus bagus, lengkap dan bisa memudahkan para calon pemeran drama tersebut.

Agar pementasan sebuah adegan drama bisa berjalan dengan cukup baik, dalam hal ini memang dibutuhkan sebuah teks skenario drama yang tersusun secara rapi dan inspiratif. Penokohan dalam sebuah pementasan drama sangat dipengaruhi oleh kualitas naskah drama itu sendiri selain penguasaan paanggung oleh para pemeran.

Dan berkut ini adalah contoh teks dialog drama satu babak yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Tema Drama : Sosial
Nama Pemeran Drama: (1.) Budi (2.) Andi (3.) Joni
Penokohan/karekter : (1.) Berry sebagai Budi (pelajar) (2.) Angga sebagai Andi (pelajar) (3.) JoniJovan sebagai Joni (pengangguran)

Pada suatu hari, tepatnya jam 10 pagi Budi, Andi, dan Joni sedang berada halaman rumah Joni. Mereka bertiga terlihat sedang berbincang-bincang membahas tentang arah masa depan masing-masing.

Budi : 
Ndi, entar kalau kamu udah lulus kuliah gimana? Mau langsung nyari kerja atau gimana?

Andi :
Gue belum tau tuh, mestinya sih gue harus nyari kerja biar nggak minta duit ama nyokap melulu.

Joni :
Bagus dong tu Ndi. Lagian untuk apa kamu kuliah kalo setelah lulus masih saja menggantungkan diri ama keluarga.

Andi :
Ya. Na, terus kamu sendiri gimana Jon?

Urusan nyari kerja sih pasatinya udah dari dulu ada dibenak gue. Tapi, gue kan nggak kayak loe. Gue nggak punya ijazah sarjana, SMA pun milai gue nggak bagus-bagus amat, ya nggak heran kenapa ampe sekarang gue masih aja jadi pengangguran.

Budi :
Iya, tapi ijazah tu kan nggak selalu menjadi batu sandungan Jon. Lagian banyak juga mereka yang cuman lulusan SMA tapi bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji mahal. Asal kamu mau terus berusaha secara maksimal, suatu saat nanti pasti kamu tidak ngganggur lagi.

Andi :
Bener tu Jon. Keep spirit aja, terus berusaha dan jangan mudah nyerah. Suatu hari nanti pasti kamu bisa dapetin kerja yang sesuai dengan kriteria kamu.

Joni :
Yup, thanks.

Andi :
Nah kalo loe Bud?

Budi :
Gue masih belum pasti.

Joni :
Belum pasti gimana Bud? Kamu masih mau lenjutin studi kamu ampe S2 ya?

Budi :
Ya itu dia, gue masih kepikiran untuk ngelanjutin kuliah ampe jenjang S2. Tapi, ya gue masih mau lihat dulu sikonnya kedepan kaya apa.

Andi :
Ok deh, moga selalu yang terbaik aja buat kamu.

Budi :
Ya, semoga saja jalan gue terus dimudahkan oleh yang maha kuasa.

Satu jam kemudian Budi dan Andi terlihat beridiri dan beranjak meninggalkan halaman rumah Joni. Budi dan Andi pun pamitan sama Joni.

Budi :
Ndi, udah mo siang nih. Pulang yuuuk!

Andi :
Iya, ayukk.

Budi :
Jon, gue pulan dulu ya udah mo siang. Ngobrolnya lanjutin esok lagi deh.

Joni :
Ok.

The End

Demikian contoh naskah drama 1 babak yang mungkin sedang Anda butuhkan. Semoga contoh naskah drama diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkannya. Anda juga dapat membaca artikel contoh teks drama pada postingan sebelumnya, yaitu contoh naskah drama Contoh Naskah Drama Radio, naskah drama kebebasan bergama, dan contoh naskah drama pendidikan.


Related posts:

No response yet for "Contoh Naskah Drama 1 Babak"

Post a Comment