Tips Agar Beban Bayar Listrik Lebih Murah

Listrik sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Meskipun listrik sebenarnya bersifat kebutuhan skunder, namun dengan adanya listrik hal tersebut akan memudahkan kita untuk beraktivitas dan menjalankan sehari-hari kita, seperti untuk menggunakan perangkat berbasis elektro, keperluan penerangan, dst.

Bergantung pada tingkat penggunaan kita, beban biaya pembayaran listrik tentunya berbeda-beda bagi setiap pelanggan. Selain itu, faktor besaran daya atau MCB yang kita gunakan tentunya juga akan menjadi parameternya. Semakin besar MCB yang kita gunakan tentunya semakin besar pula biaya pembayaran listrik bulanan kita.

Terlepas dari beberapa faktor yang sudah saya sebutkan, sebenarnya kita juga masih bisa untuk lebih berhemat. Ada beberapa kiat yang bisa kita praktekkan supaya tiba jadwal pembayaran listrik kita tidak terkena bebar pembayaran yang terlalu mahal akibat penggunaan listrik yang tidak terkontrol.

Berikut beberapa tips untuk mneghindari terkena beban pembayaran lsitrik yang cukup memberatkan.

Batasi penggunaan Anda
Matikan lampu pada saat Anda tidak membutuhkannya. Seperti diruang kamar, sebaiknya Anda matikan lampu tersebut pada saat Anda sedang tidak berada dimar. Selain itu, mematikan lampu dikamar ketika Anda sedang tidur juga akan membantu Anda untuk menurunkan beban biaya listrik Anda.

Pilihlah jenis lampu yang tepat untuk suatu ruangan
Menyesuaikan tingkat kebutuhan pencahayaan atau penerangan dalam setiap ruangan adalah salah satu cara untuk mengurangi beban biaya listrik Anda. Pilihlah lampu yang kuran watt nya tidak terlalu besar jika untuk ruangan yang relatif kecil.

Matikan perangkat elektronik jika tidak sedang dibutuhkan
Barang-barang elektro yang membutuhkan energi lisitrik, seperti kipas, tv, atau perangkat sejenis lainnya sebaiknya dimatikan jika Anda tidak sedang menggunakannya. Misalkan tv, jika Anda tidak sedang menonton, sebaiknya Anda matikan tv tersebut agar beban listrik bulanan Anda tidak terus melambung.

Jangan menggunakan alat memasak nasi secara berlebihan
Alat memasak nasi atau rice cooker merupakan salah satu perangkat elektro yang menyedot banyak daya. Hindari menggunakan rice cooker secara belerbihan agar beban daya yang ditanggung tidak meningkat secara berlebihan.

Demikian beberapa tips untuk menghindari beban biaya pembayaran listrik yang cukup mahal, semoga berguna buat para pembaca. Hemat energi adalah salah satu langkah pintar untuk merealisasikan kehidupan yang lebih baik.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Beban Bayar Listrik Lebih Murah"

Post a Comment