Tips Belanja Online Secara Aman

Diera teknologi informasi seperti sekarang ini untuk shopping tidak harus langsung ke toko, karena kita juga bisa shopping secara online. Banyak perusahaan online store yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan kita sehari-hari dan kita melakukan transaksi dengan cukup mudah tanpa harus mendatangi tokonya.

Shopping online sepertinya memang sudah menjadi trend sekarang ini. Di Indonesia sendiri, sepertinya para pengguna internet, dimulai dari kalangan Ibu-ibu, pelajar, dan juga remaja mulai menyukai untuk membeli barang kebutuhan mereka secara online.

Dalam melakukan jual-beli online, ada baiknya kita tetap bersikap waspada agar nantinya kita tidak dirugikan. Banyaknya toko online sekarang ini, dan meningkatnya animo masyarakat untuk membeli barang secara online membuat kita harus tetap bersikap hati-hati supaya kita tidak salah dalam menentukan pilihan.

Berikut adalah beberapa tips untuk berbelanja secara online dengan aman, dan terhindar dari potensi penipuan yang akan merugikan Anda.

Kenali toko online tersebut
Lihatlah profile toko online yang ingin Anda pilih untuk melakukan transaksi. Jika toko online tersebut real, maka mereka akan memaparkan profile perusahaannya secara jelas dan tidak terkesan sembunyi-sembunyi.

Popularitas toko online 
Apakah toko online tersebut sepi atau cukup ramai? Toko online yang masih sepi memang tidak bisa kita asumsikan sebagai toko online yang berkedok penipuan, namun setidaknya kondisi ini bisa membuat kita untuk lebih berwasapada.

Mekanisme pengiriman
Cara pengiriman barang yang akan Anda beli harus jelas. Dikirimkan lewat apa, berapa hari sampai ketempat Anda, dst. Ini hanya untuk memastikan bahwa toko online bersangkutan akan mengirimkan barang Anda tepat waktu.

Akses untuk berkomunikasi
Ini merupakan salah satu hal yang paling penting. Harap diingat, berhati-hatilah dengan toko online yang hanya mencantumkan nomor ponsel untuk akses komunikasi. Toko online yang real, biasanya akan memberikan lebih banyak cara untuk berkomunikasi, seperti nomor telepon kantor, email, form kontak, layanan cs, dsb. Bersikap waspada jika akses komunikasi sangat terbatas.

Baca testimonial di situs 
Carilah laman testimonial pada website toko online tersebut. Jika Anda mendapati banyak testimonial positif itu mengindikasikan bahwa toko online tersebut tepat untuk Anda pilih. Namun, harap tetap diingat bahwa testimonial juga dapat dibuat sendiri oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Harga terlalu murah
Waspada dengan toko online yang menawarkan harga sangat murah dibandingkan dengan toko-toko online lainnya. Jangan lantas terpengaruh dengan murahnya harga yang ditawarkan, Anda tetap harus bisa bersikap waspada dengan mencermati semua hal yang sudah di sebutkan diatas.

Related posts:

No response yet for "Tips Belanja Online Secara Aman"

Post a Comment