Tips Memilih Handphone Bekas Sebelum Membeli

Jika Anda berniat untuk membeli handphone dalam keadaan sudah pernah terpakai atau bekas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli handphone tersebut agar Anda terhindar dari hal-hal yang berpotensi untuk merugikan Anda dikemudian hari setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang.

Jika And apunya budget yang mencukupi, sebenarnya ada baiknya Anda membeli handphone yang baru, karena dengan membeli handphone baru Anda akan mendapatkan garansi secara resmi yang biasanya berlaku hingga satu tahun terhitung semenjak Anda melakukan pembelian. Namun, bagi yang budgetnya rendah memang pilihannya adalah membeli handphone second.

Tidak mengapa Anda membeli hp second, yang terpenting adalah Anda harus melakukan pengecekan secara seksama terhadap hp yang ingin Anda beli, karena membeli handphone dalam keadaan sudah terpakai biasanya tidak akan diberikan garansi, kalaupun ada itu hanya untuk 1-3 hari kedepan, sementara gejala permasalahan pada handphone terkadang bari diketahui setelah lebih dari 3 hari.

Agar Anda tidak salah memilih pada saat akan membeli handphone bekas, berikut ini adalah beberapa tips berguna bagi Anda.

Periksa kondisi fisik handphone
Meskipun fisik handphone bekas yang masih kelihatan bagus tidak selalu memberikan jaminan bahwa handphon masih berfungsi secara normal, namun sebaiknya Anda tetap menermati kondisi fisik handphone tersebut, karena fisik atau dalam hal ini casing adalah salah satu komponen berharga yang dimiliki suatu ponsel.

Periksa keypad handphone (jika menggunakan keypad fisik/bukan touchscreen)
Sangat penting bagi Anda untuk memerikan apakah keypad ponsel tersebut masih dapa digunakan secara normal. Keypad adalah salah satu komponen ponsel yang sering mengelami kerusakan jika sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Periksa fungsionalitas ponsel
Pastikan Anda memeriksa semua fungsionalitas ponsel, seperti konektivitas, media, dst. Sebakinya Anda memeriksa kesemuanya secara teliti, karena hal ini sangat penting demi memastikan Anda tidak salah membeli.

Gunakan untuk menelepon
Sebelum membeli handphone yang sedang Anda bidik, gunakan handphone tersebut untuk menelepon. Gunakan untuk menelepon selama beberapa detik atau satu menit untuk memastikan tidak ada kerusakan pada mic atau speaker handphone tersebut.

Perhatikan kondisi baterai
Baterai merupakan salah satu komponen ponsel yang sering mengalami gangguan atau drop jika ponsel tersebut sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Gunakan handphone tersebut selama beberapa menit (5-10 menit), dan perhatikan indikatot baterai apakah berkurang secara signifikan atau tidak.

Matikan dan hidupkan ponsel
Ponsel yang sudah mengalami gejala permasalahan tertentu biasanya akan menampakkan kerusakkannya setelah dimatikan dan dihidupkan kembali. Misalkan hang, OS bermasalah, dan sejumlah kemungkinan kerusakan lainnya.

Demikian tips untuk memilih handphone bekas, pastikan Anda tidak malas untuk melakukan pengecekan secara teliti sebelum memutuskan untuk membeli agar uang yang Anda keluarkan sebanding dengan barang yang Anda dapat.

Related posts:

No response yet for "Tips Memilih Handphone Bekas Sebelum Membeli"

Post a Comment