4 Kesalahan Penyebab Orang Jadi Miskin

4 Kesalahan Penyebab Orang Jadi Miskin
Takdir memang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Apapun yang kita kerjakan senantiasa dilingkari oleh campur tangan takdir. Konteks religi mengajarkan pada manusia, bahwa kehendak Tuhan (takdir) tidak bisa dan tidak akan bisa dirubah dengan kondisi dan atas cara apapun. Jika takdir Tuhan berkata merah, maka selamanya akan tetap merah.

Jika takdir itu tidak bisa dirubah, lalu untuk apa kita berusaha, toh kita tidak akan pernah bisa melawan takdir. Konteks takdir dan nasib itu berbeda. Nasib adalah sebuah kondisi yang menggambarkan situasi seseorang pada saat itu, dan nasib bisa dirubah. Siapa yang bisa merubah nasib? Jawabannya, tentu saja Tuhan, namun Tuhan merubah nasib seseorang berdasarkan prilaku dan usaha yang bersangkutan.

Jika Anda ingin Tuhan bersedia untuk merubah nasib Anda, maka jadilah pribadi yang banyak berdo’a, giat berusaha, dan juga mau berbenah, karena itu adalah cara untuk memohon kepada Tuhan agar nasib Anda bisa lebih baik lagi. “Tuhan tidak akan pernah merubah nasib seseorang, jika orang tersebut enggan melakukan yang terbaik untuk dirinya”.  

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit wawasan sosial kepada sahabat pembaca, 4 kesalahan penyebab orang menjadi miskin. Berikut 4 hal yang jika dapat dihindari niscaya nasib seseorang akan menjadi lebih baik, dan terhindar dari status sosial sebagai orang yang miskin. 

1. Malas
Sifat malas merupakan satu dari kesekian hal terburuk dalam diri manusia. Menyimpan sifat malas tanpa ada niatan untuk berubah sama saja dengan Anda meniti kehidupan tanpa arah, dan memiliki wacana masa depan yang sangat suram.

2. Bodoh
Tidak ada satu pun orang sukses atau orang kaya yang notabene orang bodoh. Meskipun Bill Gates drop out dari kuliah, namun beliau bukanlah orang bodoh, dan berkat kecerdasannya pria enerjik sukses menjadi salah satu orang terkaya didunia selama beberapa tahun, bahkan hingga saat ini. 

3. Takut
Membiarkan diri Anda terbelenggu rasa takut yang diluar batas hanya akan menutup setiap kesempatan yang Anda miliki. Mestinya Anda berani merealisasikan setiap ide yang ada dalam pikiran Anda, dan jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

4. Pasrah
Pasrah terhadap kondisi adalah bagian dari sifat terburuk dalam diri manusia, dan Tuhan tidak suka dengan orang yang hanya menggantungkan diri pada keadaan. Jika ingin mendapatkan yang lebih baik, maka kita harus melakukan yang terbaik (sesuai kapasitas kita).

Terlepas dari campur tangan takdir, bagaimanapun juga sebuah kondisi yang sangat sulit menurut Anda tetap akan menjadi lebih baik ketika Anda sudah melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Seburuk apapun kondisi seseorang, hidup itu tidak bisa disikapi dengan sudut pandang negatif. Jalan hidup manusia memang tidak pernah sama, namun manusia dibekali dengan akal, dan logika adalah modal terpenting yang kita miliki untuk menuju kehidupan yang lebih baik dengan tahapan/rintangan yang tidak pernah sama antara satu sama lain.

Demikian, semoga artikel 4 kesalahan penyebab orang menjadi miskin ini berguna dan bisa memberikan tambahan energi positif bagi sahabat pembaca untuk terus menata kehidupan agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dengan izin yang maha Kuasa.

Related posts:

No response yet for "4 Kesalahan Penyebab Orang Jadi Miskin"

Post a Comment