Jadwal Pemilihan Umum Anggota Legislatif (DPR) 2014

Jadwal Pemilihan Umum Anggota Legislatif (DPR) 2014
Pemilu untuk anggota legislatif akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014. Pileg dilaksanakan tiga bulan sebelum waktu pemilihan umum untuk pemilihan Presiden. Caleg (Calon legislatif) adalah orang yang mencalonkan diri untuk menjadi anggota legislatif, atau calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang akan mengemban amanat rakyat selama masa kepemimpinanya jika nantinya yang bersangkutan terpilih.

Dengan kondisi geografis Indonesia yang sangat luas, proses pemilihan umum Caleg akan membutuhkan waktu. Sistem pemilihan calon anggota legislatif harus sudah ditata sedemikian rapi guna menghasilkan sebuah proses pemilihan umum yang adil dan transparan. Dengan sudah disiapkannya kerangka pemilihan umum Celeg 2014 yang terstruktur dan terkoordinir masyarakat berharap pemilu Caleg 2014 dapat berjalan dengan aman dan adil.

Pemilu 2014 sendiri bisa dikatakan akan menjadi babak baru pemerintahan Indonesia, karena jika mengacu pada wacana saat ini sepertinya akan ada pergeseran peta kekuatan politik. Banyaknya elit politik yang tersandung kasus pidana korupsi dari partai-partai besar tampaknya akan meurunkan nilai elektabilitas partai besar tersebut pada Pemilu 2014 nanti.

Masyarakat sangat mengharapkan lahirnya sebuah era pemerintahan yang bersih dari korupsi, dan memberikan keadilan kepada rakyat. Semua Parpol tentunya memiliki visi dan misi untuk lebih mensejahterakan rakyat dan menghapus "budaya korupsi" yang sudah terlanjur menjalar hampir disemua sektor birokrasi pemerintahan, namun sepertinya rakyat semakin cerdas dalam menentukan pilihan mereka, dan tidak akan menggadaikan kepercayaan mereka.

Pemilihan Umum anggota dewan (DPR) akan berjalan secara serentak disemuah wilayah Nusantara pada tanggal 9 April 2014.

Related posts: