Bursa Calon Presiden RI Pada Pemilu 2014

Bursa Calon Presiden RI Pada Pemilu 2014
Pemilu Presiden akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014. Saat ini sudah muncul sejumlah nama yang digadang-gadang akan menjadi calon orang nomor satu RI untuk memimpin negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 ini untuk lima tahun mendatang.

Siapa sajakah kandidat yang diyakini akan mencalonkan diri sebagai presiden 2014?


Menjelang akhir 2013 sebenarnya siapa yang akan mencalonkan diri sebagai presiden RI masih belum ada pernyataan resmi dari masing-masing partai politik anggota Pemilu 2014. Dari kesekian banyak Parpol yang sudah dinyatakan lulus verifikasi hanya Wiranto (partai HANURA), dan Aburizal Bakrie (Partai Golkar) yang sudah membuat pernyataan resmi terkait pencalonannya.


Sementara itu, dari kubu partai Demokrat dan parati PDI Perjuangan, kedua partai besar tersebut sejauh ini belum mengumumkan calon presiden dari partainya. Spekulasi publik terus bermunculan terkait calon presiden dari kedua parpol besar itu, namun hingga saat ini keduanya masih belum memberikan pernyataan resmi.

Saat ini sudah ada sejumlah nama yang memang diyakini akan mencalonkan diri sebagai presiden RI 2014. Sebagian besar dari kesekian nama yang muncul yang bersangkutan juga masih belum memberikan klarifikasi karena tentunya harus menunggu rapat internal partai untuk menentukan siapa yang akan diusung oleh partai bersangkutan.

Dari beberapa nama yang diyakini kuat akan mencalonkan diri sebagai Pilpres 2014, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dahlan Iskan
  2. Gita Wirjawan
  3. Hayono Isman
  4. Joko Widodo (Jokowi)
  5. Jusuf Kalla
  6. Megawati Sukarnoputri
  7. Prabowo Subianto
  8. Pramono Edhie Wibowo
  9. Wiranto
  10. Mahfud MD
Dari kesepuluh kandidat yang ada, nama Prabowo dan Jokowi adalah kandidat kuat yang diyakini dapat menorehkan kesuksesan pada Pilpres 2014 mendatang. Namun, kepastian pencalonan Jokowi sejauh ini masih belum menemui titik terang, karena belum ada penegasan dari PDI-P terkait benar-tidaknya pencalonan gubenrnur DKI Jakarta tersebut.

Related posts: