Cara Mengatasi Blog Tidak Bisa Dibuka Karena Script Template

Cara Mengatasi Blog Tidak Bisa Dibuka Karena Script Template
Script template yang bermasalah memungkinkan suatu blog terjadi error, seperti tidak bisa dibuka atau loading sangat berat hingga tidak bisa diakses secara normal sebagaimana biasanya. Kasus seperti ini sebenarnya jarang terjadi, namun ia benar-benar sebuah kondisi yang sangat merugikan ketika menimpa Anda.

Salah satu blog sahabat saya sempat mengalami kejadian ini, dimana blognya tiba-tiba tidak bisa dibuka. Halaman terus loading, dan lantas terjadi semacam “hang” kalau diibaratkan seperti handphone. Selama beberapa jam mencoba mencari tahu letak permaslahannya dengan memeriksa script template meliputi kode-kode javascript dan sebagainya.

Saya sering menyinggung tentang pentingnya untuk memilih template blog yang bagus, tentunya template yang SEO friendly. Tujuannya buka hanya untuk membantu proses indexing di SERPs, tetapi juga untuk mengantisipasi hal-hal yang merugikan, seperti halnya menyebabkan blog tidak bisa dibuka secara normal.

Ada beberapa penyebab blog tidak bisa dibuka, mulai dikarenakan infeksi malware, terbajak, gangguang server, dsb. Namun, untuk blog yang menggunakan paltform Blogger (blogger.com) sepertinya sangat sulit untuk bisa dibajak mengingat platform blog yang satu ini sangat terproteksi, dan berbeda dengan platform blog lainnya, seperti Wordpress self hosted.

Diawal saya melakukan pengamatan terhadap blog teman saya yang tidak bisa dibuka tersebut, kecurigaan saya langsung mengarah pada kondisi template, dan ternyata memang benar. Script template blog tersebut benar-benar tidak tertata, dan terlalu banyak kode error. Walhasil blog tidak bisa dibuka dan harus melakukan pembenahan pada bagian template.

Solusi  untuk mengatasi blog (Blogger/Blogspot) tidak bisa dibuka secara normal dikarenakan script template:

Masuk ke dashboard Blogger > menuju ke Template > pilih menu Backup/Restore lalu backup template blog Anda.

Masih di tab Template, sekarang yang harus dilakukan adalah menginstal ulang template blog Anda dengan cara meng-upload template tersebut. Klik menu Backup/restore > pilih tombol Choose File lalu cari lokasi template yang sudah Anda backup tadi untuk di upload.

Coba buka kembali blog Anda. Mestinya blog Anda sudah normal, dan jika masih gagal, maka solusinya adalah dengan mengganti template baru.

Related posts: