Contoh Artikel Opini Pendidikan

Contoh Artikel Opini Pendidikan
Artikel pendidikan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah contoh artikel opini tentang pendidikan. Para sahabat pembaca, sebelumnya saya juga sudah memposting artikel terkait, yaitu contoh artikel pendidikan. Artikel ini sebenarnya punya kaitan dengan artikel sebelumnya, tetapi kali ini lebih spesifik pada sebuah opini tentang pendidikan.

CONTOH ARTIKEL OPINI PENDIDIKAN

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, dan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam pembangunan suatu daerah. Dengan membentuk masyarakat yang terdidik semua program-program yang dibuat oleh pemerintah daerah akan dapat dijalankan dengan baik, dan sebaliknya apabila keadaan masyarakat tidak atau kurang terdidik maka program-program yang ditawarkan oleh pemerintah daerah akan sangat sulit untuk dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, sudah semestinya Pemerintah daerah untuk berusaha lebih memfokuskan diri dalam memperhatikan pengembangan pendidikan di daerah dengan membentuk suatu perencanaan pembangunan dalam dunia pendidikan yang lebih baik dan berkualitas lagi agar nantinya hasilnya akan sesuai dengan espektasi dan kebutuhan. 

Sistem kebijakan yang dikembangan oleh Dinas Pendidikan daerah dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas, religius, partisipatif, dan terampil, memang sudah baik, akan tetapi ia masih memperlihatkan kekurangan, dan harusnya ia bisa lebih dioptimalkan lagi.

Faktor yang menjadi pemicu adalah kebijakan yang ada belum mampu menciptakan sebuah generasi penerus yang memiliki moral, etika, sopan santun, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa sehingga perlu dilakukan sejumlah hal yang memungkinkan hal tersebut dapat terwujud. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat suatu dasar kebijakan pendidikan yang berlandaskan nilai moral. Pendidikan dan moral sangat terkait rapat, sebab tujuan akhir dari pendidikan tidak lain adalah untuk membentuk SDM yang berkualitas, baik secara akal maupun moral.

Karena SDM merupakan suatu cerminan dari sumbangan pendidikan atas maju atau mundurnya suatu bangsa. Mengapa harus memilki bangsa yang punya akal pikiran baik tetapi pada sisi yang lain memiliki moral yang bermasalah. 

Kebijakan pendidikan saat ini sepertinya masih terkesan mengesampingkan pentingnya nilai pendidikan moral. Sudah seharusnya kebijakan pendidikan yang ada dapat menciptakan sebuah generasi yang memiliki akal pikiran yang baik, bermoral, mandiri, jujur, santun, beretika mulia, berbudi pekerti, serta tidak kasar dan arogan.  Dan, sepertinya saat ini ha-hal tersebut belum dapat terealisasi, dan tentunya harus ada sebuah upaya tertentu untuk menyikapi kondisi ini.

Sangat perlu untuk dilakukan sebuah evaluasi dan pembaharuan. Proses pendidikan yang ada harus dapat mengarahkan peserta didik nantinya mampu membangun bangsa dan menunjung tinggi harga diri, dan harkat serta martabat bangsa. 

Demikian, semoga contoh artikel opini tentang pendidikan ini dapat memberikan bahan referensi yang berguna bagi para pembaca. Dan harap diingat, bahwa artikel ini hanya sebuah contoh.

Related posts:

No response yet for "Contoh Artikel Opini Pendidikan"

Post a Comment