Contoh Skrip Drama

Kembali berbagi artikel contoh skrip drama pada kesempatan posting artikel pendidikan kali ini. Skrip drama atau naskah dialog drama yang bagus dan lengkap dalam segi penulisannya memang akan sangat membantu sukses-tidaknya sebuah pementasan drama.

Skrip drama yang ditulis secara lengkap dan inspiratif pastinya akan mengarahkan para pemeran untuk bisa lebih menjiawai penokohan atau karakter yang mereka sandang. Adapun skrip drama yang bagus adalah skrip drama yang memuat berbagai aspek terpenting dalam standar penulisan skrip dialog drama itu sendiri.

Langsung saja, bagi sahabatku yang sedang membutuhkan referensi skrip drama, berukut ini adalah contoh skrip drama remaja yang diharapkan berguna bagi Anda.

Tema drama : Drama Sosial
Judul drama : Kepedulian seorang sahabat
Jumlah pemeran : 2 (dua) orang pemeran
Jeni drama : Drama 1 babak / Naskah drama pendek
Pemeran drama : 1. Andiana sebagai Artika 2. Donita sebagai Yuanita
Penokohan/karakter : 1. Artika (pemalu) 2. Yuanita (tegas)

Ringkasan karakter :

Artika adalah sosok remaja yang sangat pemalu yang sering menjauh dari keramaian, karena tidak bisa menikmati suasana ketika dia sedang berkumpul dengan banyak orang.

Yuanita adalah sosok remaja yang memiliki ketegasan dalam hal apapun. Yuanita merupakan sahabat sejati Artika, dan mereka berdua sudah berteman sejak mereka duduk dibangku sekolah dasar.

Alur Cerita

Pada suatu hari, tepatnya hari Selasa pukul 09 pagi Artika sedang berada diruang kelas untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Saat itu Remaja cantik ini sedang duduk dikursi paling belakang di kelas II SMA. Secara tiba-tiba salah satu teman sekelas Artika yang duduk dikursi paling depan melontarkan perkataan yang kurang baik terhadap Artika. Yuanita yang kala itu juga berada dikelas tersebut, tepatnya duduk dikursi nomor 2 dari depan seraya meresponnya dengan sangat tegas.

1 jam kemudian bel sekolah berbunyi menandakan waktu istirahat. Yuanita lantas menghampiri Artika dan mengajaknya untuk kesebuah kantin dibelakang sekolah. Dikantin tersebut Yuanita mencoba memberikan suatu pencerahan kepada temannya tersebut.

Skrip Dialog Drama

Yuanita :
Ka, kamu nggak boleh jadi orang yang selamanya seperti itu. Apa yang terjadi dikelas barusan mestinya bisa memberikan kamu sebuah pembelajaran. Jika kamu terus memelihara sifat pemalu kamu, maka kamu akan jadi bahan ejekan banyak orang.

Artika :
Iya, aku nyadar Yun. Tapi, itu kan memang bagian dari diri aku, dan aku nggak bisa menjadi orang lain. Ku juga ingin seperti kamu yang tegas, lantang, dan tidak pernah menjadi bahan ejekan orang lian.

Yuanita :
Ka, karakter itu memang nggak bisa dirubah secara mutlak. Tapi, ada kesempatan untuk memperbaikinya jika kamu memang ingin berubah. Mestinya kamu bisa berpikir secara luas, untuk apa sih kamu terus-terusan jadi cewek pemalu, toh itu hanya akan merugikan kamu?!.

Artika :
Aku nyadar, tapi nggak tau kenapa pada saat diri ini ingin menjadi sosok yang lebih kuat dan menghilangkan sifat pemalu ini seringkali aku nggak bisa melakukannya, padahal aku juga sudah berusaha semampu aku, dan disisi lain aku juga sudah berusaha untuk benar-benar membuka mata bahwa diri ini perlu pembenahan.

Yuanita :
Kamu pasti bisa Ka! Yang terpenting bagi kamu adalah melakukannya secara bertahap. Kamu harus bisa bersikap lebih dewasa, dan berusaha untuk menguasai keadaan. Ini memang perlu proses, tapi jika kamu serius pasti kamu bisa melewatinya. Kamu bisa lebih kuat dan tidak selalu dipermasalahkan oleh sifat pemalu kamu yang benar-benar diluar batas.

Artika :
Makasih Yun atas saran kamu. Sebenarnya, pada saat kamu ngomong seperti ini hati ini merasa terhiris sekali. Ingin sekali rasanya seketika menjadi diri Artika yang lain, dan bukan Artika yang pemalu dan sering menjadi bahan cemoohan.

Yuanita :
Sudahlah, yang penting sekarang kamu harus berusaha untuk berpikir lebih dewasa, lebih logis dalam memaknahi hidup, muali belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghilangkan sifat pemalu berlebihan yang ada pada diri kamu, dan nantinya kamu pasti bisa menjadi Artika yang baru, Artika yang lebih baik.

Artika :
Ya, makasih Yun. Aku janji sama kamu, juga sama diri aku sendiri, mulai sekarang aku akan berusaha semampu aku untuk merubah sifat ini. Aku harus bisa menjadi cewek yang lebih kuat, tegas, dan cekatan seperti kamu.

Yuanita :
Gitu dong! Kamu pasti bisa.

20 menit kemudian lonceng sekolahan kembali berbunyi mendandakan jam masuk kelas. Yuanita pun lantas mengajak Artika untuk kembali masuk kelas.

Yuanita :
Eh.. lonceng kita udah bunyi tuh,, yuk buruan masuk kelas.

Artika :
Iya, yuuuk Yun.

Skrip Dialog Drama > Selesai

Demikian contoh skrip dialog drama yang bisa saya share pada kesempatan posting artikel contoh teks drama kali ini. Semoga contoh skrip drama diatas berguna bagi sahabat pembaca yang sedang membutuhkan bahan referensi skrip drama.

Related posts:

1 Responses for "Contoh Skrip Drama "