Jadwal Pemilu 2014

Jadwal Pemilu 2014
Pemilu (Pemilihan Umum) 2014 Indonesia akan berlangsung pada tanggal 9 April mendatang. Sebagai sebuah negera dengan sistem pemerintahan demokrasi, Indonesia mengadakan pemilihan umum secara terjadwal yang dilaksanakan dalam periodikal sekali dalam lima tahun.

Pemilu 2014 Indonesia akan dilaksanakan dua kali, yaitu Pemilu Legislatif pada tanggal 9 April 2014 dimana masyarakat akan memilih para anggota dewan legislatif, dan  Pemilu Presiden pada tanggal 9 Juli 2014 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI.

Siatem Pemilu 2014 menggunakan mekanisme e-voting. Ini merupakan teori baru dalam proses Pemilu Indonesia untuk menerapkan sebuah sistem baru dalam pemilihan umum yang adil dan transparan. e-voting sendiri sangat terkait rapat dengan program pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang sudah mulai dipersiapkan sejak tahun 2012 silam.

Pada Pemilu 2014 nanti sejumlah Parpol sudah mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam proses pemilihan umum Indonesia ditahun 2014 nanti. Parpl-parpol yang sudah dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan haknya untuk menjadi bagian dari Pemilu 2014.

Adapun untuk peta kekuatan dari masing-masing Parpol saat ini, terdapat beberapa Parpol yang diyakini berpotensi untuk meraih kesuksesan pada Pemilu 2014 nanti. Partai Politik tersebut diantaranya adalah, Golkar, PDI-P, Demokrat, PKS, PKB, dan Gerindra.

Masyarakat berharap Pemilu 2014 akan berlangsung secara terkoordinir, jujur, adil, transparan, dan tidak menyalahi etika pemilihan umum sebagaimana layaknya sebuah negera yang demokratif.

Related posts: