Strategi Mendapatkan Banyak Pengunjung Secara Konsisten

Strategi Mendapatkan Banyak Pengunjung Secara Konsisten
Mempertahankan trafik blog agar tetap konsisten adalah sebuah hal yang tidak mudah bagi para blogger. Jika untuk mendapatkan banyak pengunjung itu saja sudah menyita banyak waktu kita, disisi lain kita juga masih harus menyiapkan strategi tertentu agar visitor tidak drop sewaktu-waktu.

Dalam proses untuk mencapai trafik maksimal seperti yang kita tahu ia membutuhkan berbagai persiapan, mulai set up blog, menulis artikel, membangun backlink, dsb. Dan setelah semuanya bisa berjalan dengan cukup baik, normalnya para pengunjung akan mulai sampai ke blog Anda.

Selain untuk mendatangkan banyak visitor, mempertahankan visitor adalah sebuah hal yang tidak kalah pentingnya. Bahkan, mempertahankan pengunjung ada kalanya jauh lebih sulit daripada menadatangkan pengunjung itu sendiri. Dibutuhkan sebuah persiapan atau konsep agar pengunjung suatu blog dapat dipertahankan dan tidak mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Mengacu pada sejumlah kondisi, berikut ini adalah beberapa kiat untuk mempertahankan pengunjung blog agar tetap konsisten serta tidak anjlok secara signifikan atau bahkan lebih dari separuh pengunjung yang hilang. Inilah beberapa poin penting yang harus Anda pertimbangkan.

Merawat blog dengan baik
Bagaimana cara merawat blog yang baik itu? Posting artikel secara teratur, dan jangan membiarkan blog Anda tanpa update dalam kurun waktu yang relatif lama. Postinglah artikel minimal 1 minggu sekali.

Menulis artikel "non trending"
Yang dimaksud artikel non trending adalah artikel yang sifatnya tetap dibutuhkan orang dalam jangka waktu panjang, seperti artikel tutorial, tips, trik, dsb. Ini termasuk salah satu kiat terpenting dalam menjaga visitor blog Anda. Jika Anda memperbanyak artikel trending, seperti berita, maka ada kalanya visitor blog Anda akan turun drastis ketika berita tersebut tidak lagi menjadi isu hangat.

Menghindari praktek spammy
Sebuah kondisi yang harus Anda hindari untuk melakukan praktek-praktek optimasi yang sifatnya terlarang atau yang lebih kita kenal dengan istilah spam. Setiap blog yang terkategori sebagai blog spam cepat atau lambat pasti akan menerima dampak negatif yang akan sangat merugikan Anda dikemudian hari, seperti masuk sandbox, penalty Google hingga banned.

Analisa kata kunci
Analisa keyword juga sangat penting untuk memaksimalkan dan mempertahankan visitor blog Anda. Lakukan pengecekan terhadap statistik blog Anda, meliputi kata kunci terpopuler harian, mingguan, dan bulanan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools, Google Analytics, atau tool tracker lainnya. Lakukan langkah-langkah yang perlu sesuai dengan statistik yang ada.

Jangan terlalu sering mengganti template
Ini merupakan salah satu bagian penyebab visitor blog tidak bisa konsisten yang sering kali tidak disadari oleh sebagian blogger pemula. Ketika Anda memutuskan untuk mengganti template blog, sebenarnya mau tidak mau Anda harus berhadapan dengan konsekuensi berupa penurunan trafik s/d 70 %. Mengganti template tidak menjadi masalah jika dilakukan sebagaimana mestinya, atau dengan kata lain tidak terlalu sering.

Tips sebelum mengganti template blog :

  • Siapkan template baru yang akan digunakan.
  • Pastikan Anda menggunakan template SEO friendly
  • Backup template lama blog Anda.
  • Buka template lama dan template baru menggunakan text editor seperti WordPad atau NotePad. Copy semua kode penting pada template lama ke template baru, seperti meta deskripsi, keyword, kode verifikasi, dll. Setelah selesai lalu simpan. Maksudnya adalah agar Anda tidak perlu melakukan banyak perubahan secara berulang-ulang pada saat template baru tersebut sudah dalam keadaan dipasang.
Demikian artikel blogging "cara mempertahankan pengunjung blog" yang bisa saya share dengan Anda pada serial posting artikel tips blog kali ini. Semoga artikel diatas dapat memberikan tambahan wawasan kepada Anda sekalian dalam upaya untuk mengoptimasi blog dan menjadi blogger sukses.

Related posts: