Trik SEO Terbaik Untuk Beginner dan Expert Blogger

Trik SEO Terbaik
Proses optimasi blog identik dengan SEO (search engine optimization). SEO sendiri merupakan salah satu metode optimasi blog yang mengacu pada pemeringkatan suatu blog pada hasil telusur mesin pencari, seperti Google Search, Bing, dll. Semakin baik muatan SEO suatu blog, maka semakin baik pula posisinya dihasil telusur search engine.

Teknik SEO terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai teknik SEO yang sifatnya mendasar, hingga teori-teori tertentu yang membutuhkan pemahaman lebih jauh tentang cara kerja atau algoritma mesin pencari. Hasil emplementasi SEO memang tidak bisa dikalkulasi secara matematis, namun jika penerapan SEO dilakukan secara baik, hasilnya tetap akan lebih baik.

Penerapan SEO dengan hasil yang maksimal sangat bergantung pada sejumlah faktor, mulai pemilihan kata kunci yang tepat, tingkat persaingan, dukungan dari elemen internal blog, dll. SEO diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu SEO off-page dan SEO on-page. Baik SEO on-page maupun SEO off-page keduanya saling terkait satu sama lain meskipun metode penerapannya berbeda.

Sebagian besar pengunjung suatu website atau blog datang dari search engine, terutama Google Search, sehingga kondisi ini mengharuskan webmasater/blogger untuk memiliki bekal wawasan tentang SEO, setidaknya teknik SEO dasar. Dengan memiliki wawasan yang baik tentang SEO, kemudian Anda emplementasikan pada blog Anda, maka blog Anda memiliki kesempatan untuk merajai SERPs.

Sebagaimana yang saya singgung diatas, bahwa tekik SEO itu sangat bervariasi. Namun, pada intinya SEO itu hanya bergantung pada sejumlah faktor inti. Ibarat Anda membangun sebuah rumah, sebagus apapun desain dan bentuk bagian atas, jika pondasinya rapuh, maka bangunan tersebut tidak akan bertahan lama, begitu juga dengan tingkatan SEO.

Apa sajakah inti dari teknik SEO itu? Berikut beberapa pondasi SEO yang harus Anda terapkan pada blog Anda jika ingin bersaing di SERPs yang akan berujung pada peningkatan trafik blog secara signifikan.

Menentukan tema blog
Sebelum Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengelola blog Anda, hal terpenting jauh hari sebelum Anda membuat blog adalah menentukan tema blog yang akan Anda buat. Pemilihan tema/niche yang tepat dapat dilakukan dengan cara me-reset kata kunci terlebih dahulu. Gunakan tool dari Google untuk melakukan reset kata kunci/keyword. Jika Anda seorang pemula, pilihlah kata kunci dengan tingkat persaingan rendah, dengan demikian potensi untuk mendapatkan banyak visitor tetap tinggi.

Judul & meta tag
Buatlah judul maksimal 60 karakter dengan memasukkan kata kunci. Buatlah meta deskripsi maksimal 160 dan harus benar-benar mewakili isi blog Anda. Buatlah kata kunci maksimal 200 karakter dengan cara penulisan dua kata untuk setiap kata kunci.

Standar penulisan artikel SEO
Ketika hendak memposting artikel, jangan asal tulis. Buatlah artikel yang SEO friendly dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Artikel harus memiliki kandungan relevansi terhadap tema, deskripsi, dan kata kunci blog Anda.
  • Jumlah kata per artikel minimal 400 kata/artikel (semakin padat semakin baik). 
  • Beri atribut tertentu pada kata kunci yang ditargetkan (bold/tebal, italic/miring, underline/garis bawah). 
  • Beri atribut alt/tag pada gambar untuk menyisipkan kata kunci.
  • Jangan menempatkan terlalu banyak kata kunci. Frasa kata kunci agar terlihat lebih variatif, dan tidak terindikasi sebagai teknik spammy.
  • Hubungkan satu artikel ke artikel lainnya dalam satu blog (anchor link/text) untuk memberikan vote pada artikel tersebut pada saat di crawl oleh spider search engine.  

Pertahankan tema blog
Jangan merubah tema blog Anda setelah blog tersebut sudah dikenal oleh search engine dengan menggunakan niche tertentu. Hal ini sangat krusial, dan dapat menyebabkan trafik blog Anda sulit untuk ditingkatkan. Konsistensi tema sangat penting, dan penggantian tema yang dilakukan secara tidak beraturan sangat berdampak buruk untuk masa depan blog Anda, bahkan berpotensi untuk masuk Google Sandbox.

Penerapan kata kunci
Kata kunci yang Anda gunakan harus benar-benar mencirikan isi blog Anda secara keseluruhan. Postinglah artikel yang mendeskripsikan tema blog Anda, dengan demikian penempatan kata kunci akan menjadi lebih mudah, dan disisi lain hasilnya juga akan maksimal.

Gunakan template SEO friendly
Mengapa harus template yang memenuhi kriteria SEO friendly? Karena template akan ikut memberikan andil dalam proses optimasi on-page. Bagaimana ciri-ciri template SEO friendly itu? Silakan simak artikel tips memilih template SEO friendly. Jika ingin mengganti template, Anda dapat mengunjungi link berikut: download template SEO friendly. Pada laman tersebut juga dijelaskan secara lengkap kriteria template SEO friendly.

Kebutuhan backlink
Bukan sebuah rahasia lagi bahwa setiap blog membutuhkan, namun ada ketentuan-ketentuan tertentu dalam membangun backlink. Link building harus dilakukan secara natural, lebih memprioritaskan backlink dofollow, jangan menggunakan kata kunci (anchor text) yang sama dalam jumlah terlalu banyak, backlink harus relevan dengan tema blog Anda, backlink didapat dari weblog yang memiliki pagerank tinggi, dan hindari menanam backlink dari weblog yang bermasalah, seperti blog AGC, blog dipenuhi artikel hasil copy-paste, dll.

Related posts:

No response yet for "Trik SEO Terbaik Untuk Beginner dan Expert Blogger"

Post a Comment