Beberapa Faktor Utama Penentu Pagerank Blog/Website

Faktor Utama Penentu Pagerank Blog/Website
Google memiliki sebuah algoritma yang didesain untuk menentukan pagerank sebuah blog atau website. Pagerank sendiri merupakan salah satu materi pengukur bagi algoritma Google untuk menentukan diposisi mana artikel atau posting dari website/blog tersebut dalam SERPs (search engine result positions).

Pada 6 Desember lalu Google melakukan update pagerank. Update pagerank pada 6 Desember kemarin sebenarnya tidak sesuai dengan jadwal update reguler dimana para webmaster/blogger harus menunggu sekitar enam bulan, sementara normalnya Google melakukan update pagerank per tiga bulan sekali.

Google memperbaharui algoritma mesin pencarinya (Google Search) secara berkala. Penyempurnaan algoritma terus dilakukan secara terjadwal dari waktu ke waktu guna menghasilkan sebuah pencarian dan pemeringkatan weblog yang lebih baik lagi. Dan dalam hal ini ada sekian banyak faktor yang akan menjadi barometer dimanakah posisi sebuah blog/situs ditempatkan sesuai dengan cara kerja algoritma Google.

Mengacu pada ketentuan Google, untuk mendapatkan pagerank tinggi ada banyak sekali hal yang harus kita persiapkan. Namun, terdapat beberapa barometer dasar untuk bisa mendapatkan pagerank bagus yang bisa kita emplementasikan pada weblog kita. Apa sajakah itu? Berikut beberapa faktor penentu pagerank sesuai dengan analisa saya.

Backlink
Ketergantungan blog terhadap backlink memang tidak seperti beberapa tahun silam, dimana backlink memang benar-benar menjadi tulang punggung suatu blog. Namun, setiap blog ataupun website tetap membutuhkan backlink, karena backlink sendiri merupakan voter yang akan ikut menentukan ranking blog tersebut.

Meskipun setiap blog membutuhkan backlink, namun tidak semua backlink bersifat pisitif untuk pemeringkatan blog Anda. Backlink akan memberikan nilai tambah bagi blog Anda apabila backlink tersebut berupa backlink berkualitas.

Satu backlink berkualitas lebih baik daripada sepuluh backlink tidak berkualitas. Artinya, Anda harus fokus melakukan link building dari weblog yang memiliki reputasi, karena sebanyak apapun backlink yang Anda dapat jika backlink tersebut dinilai rendah kualitas ia tidak akan berdampak signifikan bagi pemeringkatan blog Anda.

Kualitas artikel
Sepertinya masih banyak diantara kita yang menyepelehkan faktor yang satu ini. Google sangat menekankan kualitas artikel suatu blog. Cukup sulit untuk bisa mendapatkan pagerank tinggi jika kualitas artikel pada blog kita dinilai kurang atau tidak memenuhi standar.

Adalah sebuah keharusan untuk menulis artikel yang bermutu agar bisa mendapatkan pagerank tinggi, dan kriteria artikel bermutu sendiri dicirikan oleh sejumlah hal, meliputi kepadatan artikel (minimal 500-600 kata/artikel), penempatan kata kunci tidak berlebihan (maks 3 %), tidak memberikan attribute secara berlebihan, dll.

Menulis artikel memang salah satu pekerjaan blogger yang paling mudah, namun kualitas artikel harus selalu menjadi prioritas, karena selain berdampak pada pagerank blog, kualitas artikel juga akan menentukan posisi artikel tersebut pada hasil telusur mesin pencari (SERPs).

Usia domain
Usia blog/domain masuk dalam kategori penilaian Google yang paling prioritas. Blog-blog baru juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pagerank tinggi, namun potensinya tetap lebih besar untuk blog-blog yang sudah berusia, dengan catatan blog bersangkutan dikelola dan dikembangkan dengan benar.

Blog yang sudah berusia lebih berpotensi untuk mendapatkan pagerank bagus dengan catatan blog tersebut; di update secara terjadwal, tidak melakukan banyak perubahan pada struktur laman, dan artikel, diberi suntikan backlink secara berkala, tidak bermasalah pada bounce rate, dll.

Tema
Jika selama ini Anda berkeyakinan bahwa mengganti tema secara tidak beraturan itu adalah sebuah hal yang wajar, hal tersebut adalah sebuah kesalahan fatal. Konsistensi tema sangat penting guna membantu blog Anda untuk mendapatkan peringkat (pagerank) yang lebih baik.

Selain tema, konsistensi meta deskripsi dan meta keyword juga bersifat krusial. Jangan mengganti meta deskripsi dan meta keyword blog Anda secara tidak beraturan, karena nilai tambah usia sebuah domain akan hilang ketika blog tersebut tidak konsisten dengan pembahasan/topiknya.

Anda mungkin menjumpai sekian banyak blog yang sering berganti tema atau meta deskripsi, hal ini tidak menjadi masalah apabila mendapatkan pagerank tinggi bukanlah sebuah prioritas bagi Anda. Dan jika pagerank tinggi merupakan sebuah keharusan bagi Anda, maka pertahankan tema, deskripsi, dan keyword awal blog Anda. Pilihlah keyword yang benar-benar akan mewakili blog Anda agar nantinya tidak lagi diperlukan perubahan.

Template
Template adalah sebuah kerangka yang memuat semua konten suatu blog, template memiliki fungsi penting untuk turut serta mensukseskan aktivitas pengembangan blog bersangkutan. Penggunaan template bermasalah dapat menyebabkan spider bot Google mengalami kendala saat menelusuri laman blog tersebut, dan hal ini tentunya berdampak pada penilaian.

Anda harus memilih template yang SEO friendly. Ciri-ciri template SEO friendly diantaranya adalah ringan/loading cepat, memiliki susunan heading yang baik, responsive, tidak memuat banyak script error, dll. Jika template yang Anda gunakan belum memenuhi kriteria tersebut, silakan ganti dengan template yang baru (download template SEO friendly).

Social share
Salah satu cara penilaian Google terhadap kualitas sebuah blog adalah dengan merujuk pada seberapa banyak/sering konten pada blog bersangkutan di bagikan melalui situs-situs jejaring sosial, seperti Twitter, Facebook, Google+, dll. Semakin banyak orang yang membagikan artikel di blog Anda melalui situs jejaring sosial, ia berdampak sangat bagus untuk pemeringkatan blog Anda.

Backlink dari situs-situs social networking atau situs social bookmarking sebagian besar memang menggunakan attribute nofollow. Namun,  hal tersebut mengindikasikan popularitas blog Anda, dan valuable blog Anda ketika banyak yang membagikan konten dari blog Anda, dan hal itu memunculkan nilai tambah tersendir bagi blog Anda.

Tempatkan widget social share pada blog Anda, idealnya dibawah artikel untuk memudahkan para pengunjung blog Anda men-share artikel di blog Anda. Jika yang bersangkutan merasa artikel yang Anda tulis bermanfaat baginya, kemungkinan yang bersangkutan tidak akan keberatan untuk membagikan artikel Anda.

Demikian analisa beberapa faktor utama dalam pemeringkatan (pagerank) website/blog, semoga bermanfaat bagi sahabat blogger. Exnim.com sendiri saat ini baru mendapatkan pagerank 1, akan tetapi mengacu pada sejumlah kondisi pagerank 1 tersebut memang cukup logis mengingat blog ini notabene masih dalam proses fase awal pengembangan.

Sebagai tambahan, blog banyak pengunjung masih belum cukup untuk bisa mendapatkan pagerank tinggi. Faktor pengunjung hanya satu dari ratusan faktor yang digunakan Google dalam proses penilaian.

Related posts: