Konsep Membangun Blog Niche Untuk Dimonetisasi

Strategi membuat dan mengembangkan blog niche
Strategi membuat dan mengembangkan blog niche akan saya share dengan sahabat pembaca pada kesempatan posting artikel blogging kali ini. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah blog niche. Ya, blog niche adalah sebuah blog yang secara spesifik membahas topik tunggal, topik tunggal tersebut bisa berupa topik teknologi, gadget, bisnis online, dll.

Bagi seorang expert blogger, mereka biasanya lebih tertarik untuk mengembangkan blog niche daripada blog multi niche. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan penghasilan online mereka dari blog tersebut. Sumber penghasilannya sendiri cukup beragam, bisa dari program afiliasi, jualan produk sendiri, dan juga dari program periklanan pay per click (PPC).

Dalam sisi tertentu blog niche memang lebih mudah untuk dimonetisasi, dengan catatan sebelum membuat blog tersebut Anda sudah menyiapkan sebuah konsep yang matang. Untuk memperoleh hasil atau earning online yang maksimal, konsep pengembangan blog harus Anda persiapkan jauh hari sebelum Anda membuatnya, meliputi ide artikel yang akan Anda tulis, cara pengoptimasiannya, nilai CPC nya (jika menggunakan iklan PPC), dll.

Nah, bagi sahabat pembaca yang ingin mencoba untuk membuat blog niche, dan disisi lain masih minim pengalaman tentang blog niche, berikit konsep basic dalam membuat dan mengembangkan blog niche.

Pemilihan niche
Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa blog niche adalah blog yang secara spesifik membahas topik tunggal. Agar nantinya Anda benar-benar bisa memberdayakan blog Anda, pilihlah niche sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Ini sangat penting, karena apabila Anda kurang menguasai bidang yang akan Anda sosialisasikan besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk membuat artikel yang bermutu.

HPK / keyword berharga mahal
Anda harus memilih HPK atau high paying keyword, tujuannya adalah untuk memaksimalkan earning Anda, terlebih lagi jika Anda memonetisasi blog tersebut menggunakan Google Adsense. Lazimnya setiap blog niche harus memiliki nilai harga klik yang lebih mahal dibandingkan blog multi niche. Beberapa HPK per 2013 diantaranya adalah asuransi, keuangan, kesehatan, dll.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis HPK lainnya, Anda dapat melakukan reset HPK menggunakan tool Google Adplanner.

Gunakan template SEO friendly
Template ikut memberikan andil besar untuk proses optimasi blog. Gunakan template yang SEO friendly; memiliki strukur laman yang bagus, tidak mengandung banyak script error, ringan, dilengkapi widget share, dll. Download template SEO friendly

Strategi penulisan artikel
Normalnya blog niche tidak berisi banyak konten/artikel, dan dalam hal ini tugas Anda adalah memaksimalkan setiap artikel yang Anda tulis. Artikel yang Anda tulis harus benar-benar berkualitas, memenuhi artikel standar SEO, dan sedang dibutuhkan orang. Setiap artikel pada blog niche harus dapat dioptimais secara optimal, karena untuk mendapatkan pengunjung Anda hanya bergantung pada beberapa artikel saja.

Strategi pengembangan blog
Ada beberapa tahapan untuk mengembangkan sebuah blog niche, mulai menanam backlink, promosi menggunakan situs social media, dll. Untuk satu bulan pertama, lakukan link building dari situs-situs yang punya reputasi (pagerank tinggi) minimal 50 situs, lakukan blog commenting pada blog dofollow pagerank tinggi (PR3-5) minimal di 30 blog, submit URL artikel Anda ke situs social bookmark ternama setiap kali Anda memposting artikel (digg, stumble upon, diigo, dll).

Strategi pengembangan tahap II
Pada tahapan ini mestinya blog niche Anda sudah dalam keadaan hidup (punya pengunjung). Lakukan evaluasi terhadap blog niche Anda, apakah target pada bulan pertama sudah tercapai atau masih jauh dari progress yang Anda wacanakan. Beberapa hal yang harus Anda analisa diantaranya:

  • Jumlah backlink blog usai melakukan link building.
  • Posisi artikel Anda di SERPs.
  • Presentasi perolehan trafik/visitor, dll.

Untuk ulasan lebih terperinci strategi pengembangan blog niche tahap ke-2 akan saya bahas pada posting berikutnya. Demikian, semoga bermanfaat dan bisa memberikan tambahan wawasan bagi sahabat pembaca yang ingin membuat blog niche.

Related posts: