Kunci Membangun Trafik Blog Bergantung Pada 2 Faktor

Kunci Membangun Trafik Blog
Secara garis besarnya strategi mendatangkan pengunjung ke blog ditentukan oleh dua faktor. Dua faktor inilah yang akan menentukan apakah blog Anda nantinya berhasil mendatangkan banyak pengunjung atau sepi pengunjung. Kedua faktor ini secara teknis memiliki perbedaan dalam proses emplemetasinya, dan sejauh mana tingkat keoptimalannya akan menjadi parameter berapa pengunjung harian/bulanan blog Anda.

Seperti yang Anda ketahui, bahwasannya ada ribuan cara untuk membangun trafik blog, mulai dari cara-cara yang sederhana hingga cara-cara yang menyita banyak waktu dan menuntut kejelihan. Namun, pada dasarnya kunci mendatangkan pengunjung blog ditentukan oleh dua teori. Cara kerja kedua teori ini berbeda dalam berbagai hal, mulai penerapannya, hasil, dan juga tingkat kepekaan yang dibutuhkan.

Trafik sendiri merupakan roh untuk menjaga kelangsungan suatu blog. Apapun tujuan pemilik blog bersangkutan sepertinya lambat-laun antusiasme untuk blogging akan meredup ketika blog yang dikembangkan dan dirawatnya tidak kunjung mendapatkan trafik tinggi. Meskipun tujuan Anda blogging hanya sebatas untuk berbagi tetap saja Anda berharap tulisan Anda akan dibaca banyak orang, apalagi bagi blogger yang ingin mendapatkan penghasilan online dari blog yang dikelolanya.

Blog exnim.com sebenarnya sudah banyak membahas berbagai macam cara dan trik untuk meningkatkan visitor blog, dan ada baiknya bagi sahabat blogger untuk mengetahui bahwa pada dasarnya kunci untuk meningkatkan trafik blog itu bergantung pada dua faktor.

Secara teori, kunci membangun dan meningkatkan trafik blog ada dua; yang pertama adalah dengan produktivitas, dan yang kedua adalah dengan SEO (search engine optimization).

Membangun trafik blog dengan produktivitas

Metode ini adalah yang paling banyak digunakan, termasuk oleh situs-situs terkemuka. Produktivitas yang saya maksudkan disini adalah membangun trafik dengan berbekal banyak artikel. Ya, jika Anda bisa lebih produktif, maka tanpa SEO pun Anda dapat meningkatkan pengunjung blog Anda.

Metode produktivitas memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Sisi kekurangan yang paling mendasar ia menuntut Anda untuk benar-benar produktif, karena Anda bersaing secara kuantitas, bukan SEO. Kemudian, untuk sisi kelebihannya Anda tidak harus bergantung pada strategi SEO yang tidak jarang kerumitannya justru hanya akan membuat Anda merasa malas untuk mengelola blog Anda.

Membangun trafik blog dengan SEO

SEO adalah sebuah teknik optimasi blog yang merujuk pada optimasi mesin pencari. Sebagian besar pengunjung blog datang dari mesin pencari, seperti Google Search, Bing, dll. Ketika Anda berhasil menjadi yang terdepan dalam hasil telusur search engine, maka tentunya blog Anda akan ramai pengunjung.

Sama seperti metode produktivitas, metode SEO juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan bagi seorang blogger. Dalam hal ini yang perlu digaris bawahi, SEO itu terbagi menjadi beberapa tahapan/level, dan setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sisi kelebihannya trafik blog bisa mencapai volume maksimal meskipun hanya bermodal beberapa artikel. Dengan SEO blog Anda bisa dikunjungi banyak orang meskipun artikel di blog Anda relatif sedikit. Dan untuk sisi kekurangannya, SEO advance adalah sebuah teorib yang rumit, menyita banyak waktu, kejelihan, pengujian, analisis, dll.

Anda harus memiliki naluri analisa yang kuat untuk menjadi seorang pakar SEO, dan proses menuju kesana juga akan menyita banyak waktu Anda. Jika Anda berhasil melaluinya, maka ilmu SEO yang Anda kuasai akan mengantarkan Anda pada titik kesuksesan dalam membangun trafik blog.

Mana yang lebih baik, apakah membangun trafik dengan produktivitas atau dengan SEO?

Jawabannya harus balance. Anda tidak bisa hanya bergantung pada produktivitas, karena modal produktivitas saja masih belum cukup. Selain bergantung pada nilai produktivitas, Anda harus menegerti SEO, minimal dasar dari SEO.

Related posts: