Pengertian Artikel

Pengertian Artikel
Artikel dalam blog ini banyak membahas tentang artikel pendidikan, mulai artikel pendidikan karakter, artikel opini tentang pendidikan, hingga contoh naskah pendidikan. Namun, apakah sahabat pembaca sudah paham apa definisi dari artikel itu sendiri?

Pengertian artikel secara garis besarnya adalah berupa karangan faktual yang lengkap, memiliki panjang tertentu dan ditulis untuk diterbitkan melalui berbagai jenis media, seperti internet, media cetak, dsb. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk menyampaikan ide dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, menginformasikan serta menghibur.

Siapa yang dimaksud penulis artikel itu?

Penulis artikel adalah seseorang yang bertindak membuat/menulis artikel tersebut sesuai dengan ide dia. Tanggung jawab seorang penulis artikel adalah membuat artikel yang ditulisnya bisa dipahami dengan mudah oleh para pembaca, memberikan bahan bimbingan, memberikan sebuah referensi, dsb.

Ada berapakah jenis artikel itu?

Sebagaimana yang dimuat pada blog ini, jenis artikel itu sangat banyak sekali, diantaranya adalah artikel pendidikan, artikel penelitian, artikel koran, artikel bisnis, artikel motivasi, artikel pelatihan, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menjadi penulis artikel yang handal?

Pada dasarnya semua orang bisa membuat/menulis artikel, namun tentunya dengan kualitas yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menjadi penulis artikel yang hebat, maka modal pertama yang harus Anda punya adalah penguasaan Anda tentang materi atau bidang yang ingin Anda tulis.

Apabila Anda berniat untuk menulis artikel tentang pendidikan, maka Anda harus paham benar hirup-tikup tentang pendidikan. Jika tidak, maka hasilnya cenderung tidak atau kurang berkualitas karena minimnya pemahaman Anda tentang materi yang Anda tulis.

Tips untuk menulis artikel berkualitas

Kuasai bidang yang akan Anda tulis. Mulai melatih diri untuk menulis dengan gaya bahasa yang tepat. Dalam hal ini Anda bisa mengunjungi situs-situs berita atau blog-blog yang memiliki kualitas, dan belajar dari gaya penulisan pada situs/blog tersebut.

Perbanyak perbendaharaan kata, karena dalam membuat artikel Anda akan membutuhkan banyak kosa kata. Jangan menulis dengan menggunakan kosa kata yang monoton, karena itu mengindikasikan artikel Anda tidak berkualitas.

Buatlah artikel pada saat kondisi tubuh Anda mendukung, pikiran Anda sedang jernih dan tidak sedang bad mood, karena memaksakan diri untuk menulis artikel pada saat suasana hati sedang kurang baik kemungkinan besar Anda hanya akan menghasilkan artikel yang kurang bermutu.

Related posts:

No response yet for "Pengertian Artikel"

Post a Comment