Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Pada artikel sebelumnya saya sudah sempat menjelaskan apa yang dimaksud kalimat majemuk setara, dan kali ini saya ingin berbagi dengan Anda tentang kalimat majemuk bertingkat dimana ia masih berkaitan rapat dengan kalimat mejemuk setara.

Pengertian kalimat majemuk bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat adalah sebuah kalimat hasil penggabungan dua buah kalimat tunggal atau lebih yang punya kedudukan yang berbeda. Pada kalimat majemuk bertingkat terdapat unsur induk kalimat dan anak kalimat.

Anak kalimat timbul akibat adanya perluasan pola yang terdapat pada induk kalimat tersebut. Berdasarkan kata penghubungnya atau yang disebut dengan konjungsi, kalimat majemuk bertingkat terdiri dari sepuluh macam, yaitu:

JENIS KONJUNGSI
SYARAT Jika, Sendainya, Manakala, Andaikan, Asalkan
TUJUAN Agar, Supaya, Biar
PERLAWANAN Walaupun, Bagaimanapun, Biarpun, Sekalipun
PENYEBABAN Sebab, Karena, Akibat
PENGAKIBATAN Maka, Sehingga, Lantas
CARA Dengan, Tanpa
ALAT Dengan, Tanpa, Sama
PERBANDINGAN Seperti, Bagaikan, Laksana
PENJELASAN Bahwa, Ternyata
KENYATAAN Padahal, Ternyata

Itulah sepuluh macam dari jenis kata kalimat majemuk bertingkat. Dengan gambaran diatas tentunya Anda sudah bisa memhami dasar-dasar dari kalimat majemuk bertingkat.


  • Aku akan belajar dengan gigih disaat ayahku datang
  • Seandainya nanti aku bisa mendapatkan ranking 1, aku akan dibelikan note book.
Kalimat majemuk sendiri memiliki sekian banyak jenis, seperti kalimat majemuk setara, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat, dan juga kalimat majemuk campuran. Pengertian dan contoh kalimat-kalimat majemuk lainnya akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Menguasai jenis-jenis kalimat, seperti kalimat majemuk sangat penting bagi Anda yang ingin menjadi master bahasa. Meskipun keseharian kita tidak luput dari aktivitas menulisa, dan tulisan kita juga bisa dipahami, namun biasanya tetap akan meninggalkan celah manakala kita kurang memahami konteks penulisan bahasa secaa benar. 

Demikian artikel pengertian dan contoh kalimat majemuk bertingkat, semoga dapat memberikan tambahan ilmu buat para pembaca. 

Related posts:

No response yet for "Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat"

Post a Comment