3 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog

3 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog
Blog merupakan salah satu jenis media online terpopuler yang dapat dimanfatkan untuk mencari penghasilan secara rutin. Dengan berbekal blog yang berkualitas dan memiliki banyak pengunjung Anda dapat menguangkan blog tersebut dengan berbagai macam cara monetisasi, mulai dengan menjual produk Anda sendiri, menjual space iklan ke advertiser, dll.

Pada dasarnya membuat blog adalah sebuah pekerjaan yang mudah (bergantung pada platform yang digunakan), dan sisi kerumitannya yang dalam hal ini membutuhkan kerja keras serta kesabaran adalah terletak pada fase optimasinya. Untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung diperlukan sejumlah langkah optimasi, karena tanpa dilakukan optimasi sepertinya sangat sulit untuk bisa meningkatkan trafik blog bersangkutan.

Rekomendasi:



Cukup banyak cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Sebagian besar dari semua metode monetisasi juga tidak membutuhkan modal uang. Yang dibutuhkan hanya modal blog berkualitas yang trafik hariannya tergolong tinggi. Trafik sangat menentukan seberapa besar potensi seorang blogger untuk bisa mendapatkan penghasilan online dalam volume yang “memuaskan”.

Berikut ini adalah 3 cara terbaik untuk mendapatkan uang dari blog dalam kaca mata saya mengacu pada pengalaman saya selama berkecimpung didunia blogging.

Menjadi publisher iklan PPC/CPM/PPL
Ini merupakan metode atau cara mendapatkan duit dari blog yang paling efektif. Jaringan periklanan online saat ini cukup banyak, mulai ad network berbasis pay per click (PPC), PPL, CPM, dll. Untuk ad network berbasis PPC yang paling populer saat ini adalah Google Adsense. Selain Google Adsense, masih ada sekian banyak ad network berbasis PPC lainnya yang bisa Anda coba, seperti Adstars, AdPlus, KlikSaya, dll.

Metode monetisasi blog dengan menjadi publisher iklan dari jaringan periklanan PPC atau CPM adalah opsi monetisasi blog terbaik pada masa sekarang ini. Anda hanya membutuhkan modal sebuah blog yang sudah memiliki banyak pengunjung. Namun, tentunya Anda harus bekerja keras terlebih dahulu untuk meningkatkan trafik blog Anda. Jika trafik blog rendah, Anda tidak akan mendapatkan penghasilan sesuai espekstasi, karena untuk sukses dari PPC ataupun jenis monetisasi blog lainnya bekal awal yang dibutuhkan adalah trafik.

Afiliasi
Dari sisi mekanismenya, cara mendapatkan uang dengan model afiliasi tidak jauh berbeda dengan menjadi publisher iklan PPC/CPM. Untuk sukses dari program afiliasi setidaknya ada dua parameter, yang pertama adalah trafik, dan yang kedua adalah branding.

Untuk sukses dari Afiliasi seperti Pat Flynn tidak cukup hanya bermodalkan blog banyak pengunjung. Afiliasi merujuk pada pemberian referensi oleh seorang affiliate kepada pembaca/pengunjung blog sehingga dalam hal ini nama atau popularitas Anda akan ikut menentukan.

Menjual space iklan di blog
Cara mendapatkan uang dari blog #2 yang paling mudah, yaitu dengan menjual space/ruang iklan kepada pihak pengiklan secara langsung (tidak melalui ad network). Jika trafik blog Anda tinggi untuk mendapatkan pengiklan cukup terbuka.

Metode ini sebenarnya memiliki sejumlah kelemahan; kita harus keliling mencari advertiser sendiri, sebagian besar pengiklan lokal hanya mengiklankan jenis produk tertentu, tidak sedikit dari pengiklan yang meminta dibuatkan review,  dll. Namun, metode ini juga tetap menjadi salah satu opsi monetisasi blog yang bisa Anda pilih.

Related posts:

No response yet for "3 Cara Terbaik Mendapatkan Uang Dari Blog"

Post a Comment