Artikel Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan adalah sebuah kegiatan sistematis untuk memanusiakan manusia. Dengan adanya program pendidikan hal ini dapat meningkatkan pola pikir dan menatlitas seorang manusia hingga kedepannya bisa membentuk pribadi yang lebih baik. Dalam Undang-undang RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa

“Pendidikan adalah Usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.

Adapun dalam proses pendidikan, tingkat satuan pendidikan yang dianggap sebagai tahap awal pendidikan adalah sekolah dasar. Pada masa ini anak didik mengalami proses pendidikan dan pembelajaran. Secara umum pengertian sekolah dasar dapat disimpulkan sebagai institusi pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan pada tingkatan berkiutnya.

Artikel berkaitan:


Proses pendidikan sendiri diselenggarakan untuk anak-anak yang dalam hal ini sudah menginjak usia 7 (tujuh) tahun dengan anggapan anak seusia tersebut sudah memiliki tingkat pemahaman dan kebutuhan pendidikan yang sesuai tepat untuk dirinya.

Penyelenggaraan pendidikan dasar tidak lain adalah untuk membekali dasar pengetahuan, sikap serta keterampilan kepada anak didik. Selanjutnya, pendidikan dasar ini akan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas diri para anak didik.

Tujuan Pendidikan Dasar

Adapun tujuan operasional pendidikan Sekolah Dasar (SD), dinyatakan di dalam Kurikulum Pendidikan Dasar, yaitu memberi bekal kemampuan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung, wawasan dan ketrampilan dasar yang berguna bagi siswa berdasrkan tingkat perkembangannya. Selain itu, ia juga untuk mempersiapkan mereka mengikuti pendidikan pada tahapan selanjutnya, yakni pendidikan di sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).

Tujuan dari pendidikan Sekolah Dasar teruraikan seperti berikut :

  • Membekali kemampuan untuk membaca, menulis, serta berhitung.
  • Memberikan wawasan serta ketrampilan dasar yang berguna untuk siswa berdasarkan tingkat perkembangan yang bersangkutan.
  • Proses mempersiapkan siswa untuk mengikuti jenjang pendidikan di sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).
  • Sekolah Dasar memiliki fungsi sebagai Pendidikan Dasar

Sekolah dasar bisa didefinisikan sebagai kegiatan yang dalam hal ini mendasari 3 (tiga) aspek dasar, yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Ketiga aspek tersebut adalah landasan pendidikan yang paling penting.

Manusia membutuhkan prilaku atau sikap hidup yang positif untuk bisa menjalani kehidupan secara baik dan tentram. Manusia juga membutuhkan dasar-dasar pengetahuan suapaya ketika berinteraksi tidak buta informasi. Selain itu, setiap manusia juga membutuhkan keterampilan.

Related posts:

No response yet for "Artikel Pendidikan Sekolah Dasar"

Post a Comment