Artikel SEO Wikipedia

Search engine optimization atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan SEO merupakan serangkaian cara optimasi situs web merujuk pada optimasi mesin pencari. Di internet terdapat sekian banyak mesin pencari, dan Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan sejak beberapa tahun silam hingga sekarang. Selain Google Search, masih banyak mesin pencari internet lainnya, seperti Yahoo, Bing, Ask, DuckDuckGo, Baidu, dll.

Sebagian besar sumber trafik suatu situs web atau blog berasal dari mesin pencari sehingga para pengelola blog dan situs web diharuskan untuk mengerti apa itu SEO dan bagaimana cara emplementasi SEO yang benar guna memaksimalkan trafik blog/situs web mereka dari search engine. Teknik dan teori SEO sendiri sangat bervariasi, namun secara garis besarnya SEO dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah SEO on-page, dan yang kedua adalah SEO off-page.

SEO on-page adalah serangkaian kegiatan optimasi situs web atau blog yang dilakukan dalam lingkup weblog itu senidri. Beberapa kegiatan yang mencirikan SEO on-page diantaranya, menata struktur template agar menjadi SEO friendly, menulis artikel yang berkualitas, membuat internal linking, dll. Sementara itu, SEO off-page adalah emplementasi SEO yang dilakukan diluar lingkup weblog, misalkan menanam backlink, mempromosikan konten weblog di situs-situs social media, dsb.

Baik SEO on-page maupun SEO off-page keduanya sama-sama penting. SEO sendiri adalah sebuah teknik optimasi yang saling berkesinambungan antara satu sama lain. Sebuah gambaran tentang penerapan SEO “sebuah blog atau situs web yang memiliki konten/artikel berkualitas lebih potensial untuk menduduki rangking pertama dihasil pencarian mesin pencari, namun hal tersebut harus ditunjang dengan kuantitas SEO off-page, salah satunya adalah dengan memiliki backlink dalam jumlah yang memadai”. Disini dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa praktek SEO itu harus saling melengkapi/berkesinambungan antara satu sama lain.

Definisi dan deskripsi SEO tidak pernah berubah, secara keseluruhan definisi SEO adalah sebagaimana yang saya gambarkan diatas. Yang memungkinkan adanya perubahan tentang SEO adalah teknik atau teori penerapannya yang dalam hal ini merujuk pada etika optimasi sesuai dengan legalitas optimasi yang berpedoman pada standar tertentu.

Artikel ini menggunakan judul Artikel SEO Wikipedia, tujuannya adalah untuk memberikan materi pembanding kepada Anda gambaran tentang SEO versi saya dan SEO versi Wikipedia.

Related posts:

No response yet for "Artikel SEO Wikipedia"

Post a Comment