Cara Memperbaiki HP Nokia Hang

Cara Memperbaiki HP Nokia Hang
Sejalan dengan penggunaan handphone secara berkelanjutan pastinya handphone akan mengalami gejala kerusakan tertentu yang dalam hal ini seringkali dipicu oleh kondisi software/firmware handphone tersebut. HP hang adalah sebuah kondisi yang lumrah, baik HP Nokia, Sony, Blackberry ataupun merk HP lainnya.

Nokia adalah salah satu merk ponsel yang paling banyak dipakai oleh pengguna ponsel, baik pengguna diluar Indonesia maupun pengguna di negeri ini. Seri Nokia sendiri sejauh ini yang paling banyak dipakai adalah Nokia S60 dan Nokia S40. Sisi kerusakan pada kedua seri ponsel buatan Nokia ini biasanya tidak jauh berbeda, termasuk pada potensi terjadinya hang.

Beberapa waktu lalu saya sempat mem-flashing HP Nokia S40 Nokia 2370 Classic lantaran terjadi hang. Handphone bisa dihidupkan, namun setelah itu ia tidak bisa bekerja alias hang. Kali ini saya ingin berbagi cara mengatasi HP Nokia hang, baik Nokia seri S60 maupun S40 dengan cara yang lebih mudah dan sederhana tanpa harus melakukan flashing. Namun, bagi handphone yang tingkat kerusakannya sudah parah tentunya tidak bisa diatasi dengan cara-cara yang akan saya share dibawah ini. Solusi terbaik untuk HP Nokia hang dengan tingkat kerusakan yang sudah cukup parah sepertinya hanya bisa dilakukan dengan jalan flashing atau upgrade firmware.

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi HP Nokia hang secara mudah dan cepat tanpa melakukan flashing.

Memperbaiki HP Nokia hang untuk seri S60

Lakukan reset (mengembalikan ke pengaturan awal); buka menu HP, masuk ke bagian Settings, pilih reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik. Cara ini dinamakan soft reset.

Jika soft reset tidak memberikan solusi, opsi perbaikan selanjutnya adalah dengan melakukan hard reset atau reset total; masuk ke menu Settings, pilih opsi reset total. Apabila handphone sudah dalam keadaan hang total Anda dapat menggunakan tombol kombinasi; tekan icon/tombol panggil berwarna hijau + tombol bintang + tombol angka 3 + tombol power/swicth on-off. Tekan tombol tersebut secara serentak hingga HP menyala dan muncul pilihan hard reset.

Memperbaiki HP Nokia hang untuk seri S40

Langkah perbaikan untuk HP Nokia seri S40 yang mengalami hang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas HP, karena fungsional tombol kombinasi untuk hard reset tidak berjalan pada S40.

Untuk melakukan soft reset cara sama dengan langkah-langkah melakukan soft reset pada seri S60.
Alternatifnya, silakan tekan *#7370# lalu tekan tombol Yes/panggilan. Proses reset akan berjalan dan Anda tinggal menunggu hasilnya, semoga saja HP Anda bisa diperbaiki dengan cara-cara diatas.

Demikian tips cara sederhana untuk memperbaiki HP Nokia hang, semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa memberikan solusi. Seperti yang sudah saya singgung, cara-cara seperti dijelaskan diatas tidak selalu memberikan solusi. Jika tingkat kerusakan ponsel Anda sudah tergolong parah, maka alternatif perbaikan yang lebih tepat sepertinya adalah dengan mem-flash HP tersebut.

Tips:
Agar kinerja ponsel Anda tetap optimal dan tidak mengalami hang, pastikan prosedur penggunaan ponsel tersebut tetap terjaga. Isilah baterai ponsel secara teratur, jangan menggunakan semua space memory pada ponsel, jangan menginstal aplikasi yang kurang kompatibel, hapus semua aplikasi yang corrupt/rusak, bersihkan hp dari virus jika memang sudah terjangkiti, bersihkan cache setelah Anda browsing/internetan agar loading hp tidak lambat, dan jangan lupa mematikan ponsel jika tidak dalam kondisi dibutuhkan, misalkan pada saat Anda tidur.

Related posts:

No response yet for "Cara Memperbaiki HP Nokia Hang"

Post a Comment