Cara Setting Template Blog Agar SEO Friendly

Cara Setting Template Blog Agar SEO Friendly
Dalam sejumlah artikel tutorial blog saya sering membahas tentang pentingnya penggunaan template yang SEO friendly, namun saya belum pernah membahas secara spesifik bagaimana cara untuk mengatur ulang struktur template agar bisa SEO friendly sesuai kebutuhan dalam rangka untuk menunjang proses optimasi blog.

Template diibaratkan bak sebuah berkas dimana dalam berkas tersebut tersimpan sejumlah dokumen penting yang mana jika tata letak dokumen dalam berkas tersebut tersusun secara rapi ia akan memudahkan orang untuk menemukannya. Pun demikian template, jika template memiliki struktur laman yang rapi maka hal ini akan memudahkan search engine untuk membacanya.

Spider search engine tidak membaca blog Anda dalam bentuk visual. Artinya, spider search engine menelusuri blog Anda melalui link demi link dan merayapi kerangka template pada blog Anda. Dengan kondisi ini tentunya sahabat pembaca sudah bisa menggambarkan sepenting apa kira-kira penggunaan template yang tepat atau yang lebih akrab disebut dengan template SEO friendly.

Template SEO friendly dicirikan oleh sejumlah hal, meliputi ukuran template (harus ringan), tidak memuat banyak script error, memiliki struktur laman yang bagus. Untuk merubah tatanan struktur laman template agar menjadi SEO friendly kita harus mengatur ulang tag heading pada template. Nah, dibawah ini kita akan bahas cara untuk merubah struktur tag heading agar template yang Anda gunakan memenuhi kriteria template SEO friendly.

Untuk merubah template blog menjadi lebih SEO friendly kita perlu melakukan penataan ulang struktur template pada bagian heading. Secara default template Blogger yang Anda gunakan memiliki susunan sebagai berikut: Judul blog > judul artikel. Agar lebih SEO friendly, perlu dibuat dynamic heading.

Dynamic hading adalah heading yang berubah secara otomatis, yaitu menghilangkan judul blog dan diganti dengan judul artikel ketika halaman yang dituju adalah halaman artikel. Dynamic heading Ini dapat memberikan penekanan pada judul artikel karena menggunakan tag heading h1 sehingga secara teori ia dapat membantu untuk proses pemeringkatan di SERP.

Berikut cara membuat dynamic heading

Langkah pertama

Silakan log in ke Blogger

Pilih menu Template

Klik tombol Edit HTML

Carilah kode <b:include name='title'/> dengan menekan tombol keyboard Ctrl+F. Biasanya terdapat tiga kode <b:include name='title'/>. Silakan pilih kode yang paling bawah atau bisa diulang jika nanti gagal.

Ganti kode <b:include name='title'/> dengan kode dibawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>

Simpan perubahan template kemudian silakan lihat apakah judul artikel sudah mengganti judul blog pada halaman artikel. Jika belum, rubah kembali kode diatas menjadi <b:include name='title'/>, dan ulangi penggantian kode pada <b:include name='title'/> yang lainnya.

Langkah kedua

Masuk lagi ke Eit HTML, tekan Ctrl+F pada browser untuk menemukan kode h3.post

Kode h3.post biasanya ada banyak, silakan sesuaikan. Gantilah semua kode h3.post menjadi h2.post

Jika sudah Anda ganti, kemudian tekan Ctrl+F dan temukan semua kode <h3 class='post lalu ubahlah semuanya menjadi <h2 class='post

Pastikan Anda juga merubah end tag </h3> menjadi </h2>

Simpan perubahan template

Langkah ketiga

Pastikan Anda masih berada di jendela Eit HTML. Temukan semua kode HTML widget blog. Misalkan widget Arsip Blog, kodenya akan seperti dibawah ini:

<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>

Gantilah kode berwarna merah menjadi <h3><data:title/></h3>

Apabila semua kode widget sudah diganti menjadi h3, simpan perubahan pada template dan SELESAI. Sekarang template Anda sudah menggunakan Dynamic heading dengan kuantitas SEO yang lebih baik.

Related posts: