Penyebab Internet Lambat

Penyebab Internet Lambat
Setiap pengguna internet tentunya menginginkan koneksi yang cepat dan stabil. Sayangnya sejauh ini koneksi internet di Indonesia memang masih belum memenuhi espektasi masyarakat. Jika dibandingkan dengan negara-negara maju, kualitas jaringan internet di Indonesia memang masih perlu pembaharuan.

Tipe koneksi internet ada banyak sekali, salah satunya adalah koneksi internet dengan model dial-up (menggunakan modem USB standar). Setiap tipe koneksi memliki kecepatan yang berbeda-beda. Jika Anda menggunakan modem USB secara teori ia jauh lebih lambat dibandingkan tipe koneksi menggunakan kabel telepon rumah, seperti speedy.

Kenapa internet lambat? Jika Anda membaca artikel yang saya posting sebelum ini, yaitu cara agar koneksi internet Smartfren bisa cepat dan stabil sebenarnya saya tidak perlu lagi menjelaskan penyebab internet slow. Artikel ini merupakan penjabaran dari beberapa faktor mendasar pemicu koneksi internet yang Anda gunakan tidak stabil atau lambat.

Cepat-lambatnya koneksi internet ditentukan oleh berbagai faktor, mulai jenis hardware, kualitas jaringan, dll. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan koneksi internet melambat atau tidak stabil pada saat digunakan oleh user.

Tipe koneksi
Seperti dijelaskan diatas bahwa tipe koneksi memiliki jangkauan kecepatan masing-masing. Bergantung pada tipe koneksi dan jenis paket yang Anda gunakan kecepatannya tidak sama antara satu sama lain.

Kualitas jaringan
Stabilitas dan kualitas jaringan provider sangat menentukan mutu layanan yang diberikan oleh provider tersebut. Jika server gagal meng-handle aktivitas yang mungkin terlalu padat dalam waktu yang bersamaan, maka kecepatan internet dengan sendirinya akan melemah.

Frekuensi sinyal
Jika Anda menggunakan modem USB dengan tipe koneksi dial-up Anda sangat bergantung pada kualitas sinyal yang ditangkap oleh modem. Pilihlah modem yang bagus agar sinyal yang didapat bisa maksimal, minimal 3 bar.

Pengaruh cuaca
Cuaca buruk dapat memperlambat jaringan internet. Hal ini dikarenakan jaringan dan radiasi sinyal akan melemah ketika arah angin sedang tidak beraturan.

Faktor perangkat/hardware
Faktor hardware seperti komputer dan modem juga dapat menjadi pemicu lambatnya suatu koneksi internet. Sebelum membeli modem, pastikan Anda memilih tipe modem yang menarakan speed tinggi.

Related posts:

No response yet for "Penyebab Internet Lambat"

Post a Comment