Tool Trafik Blog: Akurasi Histats Patut Dipertanyakan

Tools Pemantau Trafik Blog: Akurasi Histats Patut Dipertanyakan
Histats adalah web tool traffic tracker yang paling banyak digunakan oleh blogger Tanah Air, termasuk saya. Histas 100 % gratis, simple dan menyediakan sekian banyak pilihan widget dengan proses instalasi yang sangat cepat nan mudah. Selain itu, Histats juga menyediakan widget tracking tersembunyi (hidden tracking)

Selama ini saya hanya menggunakan Histats sebagai tool pemantau trafik blog saya. Namun, dalam beberapa bulan terakhir ini tampaknya kinerja Histats perlu dipertanyakan. Merasa ada kejanggalan saya lantas memasang Google Analytics sebagai tool pembanding, data statistik dua blog saya trafiknya mengalami perbedaan yang sangat jauh dengan data yang saya peroleh dari Histas.

Sejauh ini saya tidak bisa memastikan apakah hal ini semata-mata karena kebetulan, atau Histats memang masih memiliki kelemahan dalam menghimpun data lalu lintas situs web. Salah satu blog yang saya amati perkembangan trafiknya masuk dua bulan ini statistik trafiknya masih terpaut jauh dengan Google Analytics. Dalam hal ini saya meyakini akurasi Google Analytics karena sesuai dengan impresi iklan yang tampil di blog.

Histast adalah web traffic analyzer yang cukup membantu, jika akurasinya mengalami penurunan hal ini tentunya sangat disayagkan sekali. Perbedaan satatistik data trafik di Histats dengan Google Analytics bisa berlipat. Salah satu blog saya yang saya sebutkan diatas berdasarkan data dari Google Analytics rata-rata pengunjung hariannya sebanyak 15.000 orang, sementara berdasarkan data dari Histast hanya berkisar 500 orang per hari.

Mungkin saja pengalaman ini tidak berlaku bagi sahabat Blogger Meteorika, dan jika kondisinya memang demikian justru saya cukup senang karena itu artinya Histast masih bisa diandalkan sebagai salah satu tool traffic monitor terbaik yang sepenuhnya gratis.

Related posts:

No response yet for "Tool Trafik Blog: Akurasi Histats Patut Dipertanyakan"

Post a Comment