Panduan SEO Untuk Pemula Sesuai Pedoman Google

Panduan SEO Untuk Pemula Sesuai Pedoman Google
Search Engine Optimization (SEO) merupakan kaedah optimasi blog atau website yang merujuk pada search engine. Peran SEO amat penting bagi micro blog, seperti blog exnim.com.

Pada saat pengguna internet menggunakan queri tertentu pada kotak penelusuran mesin pencari, program mesin pencari atau yang familiar dengan sebutan spider akan mengindeks sekian banyak laman yang ada di internet. Laman yang akan ditampilkan adalah laman yang dianggap paling relevan. Banyak hal yang dijadikan patokan untuk mengukur relevansi suatu laman, salah satunya adalah pagerank, dan disinilah SEO dibutuhkan.

Apa yang dimaksud micro blog, dan mengapa tipe blog micro sangat membutuhkan SEO?

Ada banyak sekali tipe penyedia konten di internet. Dua diantaranya adalah micro blog dan situs yang memiliki reputasi tinggi dengan jutaan konten didalamnya, seperti detik.com, viva.co.id, kompas.com, dll. Secara teori micro blog tidak akan bisa menggeser posisi tipe penyedia konten sebesar detik.com sehingga dalam hal ini micro blog sangat membutuhkan peran SEO untuk bisa bersaing.

Bagaimana cara menerapkan SEO secara tepat untuk fase awal?

Pada dasarnya SEO hanya dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Namun demikian banyak hal yang harus dipelajari dan dikerjakan berkaitan dengan emplementasi SEO on-page dan SEO off-page.

Belajar SEO sebaiknya dilakukan secara bertahap agar Anda tidak dibuat kebingungan hingga tidak menuai hasil sama sekali. Apabila Anda masih sangat awam tentang SEO, maka sebaiknya Anda banyak membaca tentang SEO. Silakan baca artikel SEO sesuai pedoman Google tentang optimalisasi mesin telusur (SE0).

Apa yang harus dilakukan setelah memiliki bekal pemahaman dasar SEO?

Jika Anda sudah mulai mengenal SEO beserta dasar-dasar proses emplementasinya, maka tiba saatnya bagi Anda untuk mulai mempraktekkannya. Buatlah sebuah blog menggunakan hosting blog gratisan. Anda bisa menggunakan Blogspot atau WordPress.com, kedua platform blog ini merupakan platform blog terpopuler.

Sebelum Anda membuat blog, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal tersebut dibawah ini.

Sebelum Anda mendaftarkan nama domain (blog) terlebih dahulu Anda harus melakukan:

Reset keyword - Pilihlah keyword dengan jumlah pencarian bulanan minimal pada kisaran puluhan ribu, dan pastikan tingkat persaingan keyword tersebut tergolong rendah. Jika Anda baru dalam tahap belajar, maka Anda tidak boleh memilih keyword dengan tingkat persaingan tinggi, karena Anda akan kesulitan untuk bersaing dengan expert blogger (blogger senior). Gunakan Keyword Planner untuk melakukan reset keyword.

Pilihlah nama domain yang SEO friendly - Memasukkan keyword pada nama domain/blog dapat meningkatkan kuantitas SEO blog Anda. Meskipun hal ini tidak bersifat prioritas, namun ia pantas untuk Anda terapkan jika memang memungkinkan.

Contoh nama domain/blog yang SEO friendly:

- Blog tentang fotografi: http://fotografi.blogspot.com
- Blog tentang SEO: http://referensibelajarseo.blogspot.com
- Blog tentang bisnis: http://tipsbisnis.blogspot.com

Dalam memilih nama domain, sebaiknya hindari menggunakan nama domain yang sulit diingat atau terlalu panjang.

Siapkan daftar artikel yang akan Anda tulis - Agar kedepannya menjadi lebih mudah, ada baiknya setelah Anda selesai reset keyword daftar artikel yang akan Anda publish juga turut dipersiapkan. Jika daftar artikel sudah Anda buat, maka kedepannya Anda akan lebih mudah dalam menulisnya, karena tidak perlu lagi untuk mencari ide posting artikel.

Apa yang harus dilakukan setelah blog selesai dibuat?


  • Desain ulang blog Anda agar lebih bermuatan SEO. Gunakan template SEO friendly untuk membantu proses emplementasi SEO on-page secara maksimal. 
         Daftar template SEO friendly yang dapat Anda download:
  1. Download template Blogger terbaru
  2. Download template Blogspot SEO friendly
  3. Download template Blog loading ringan
  • Daftarkan blog Anda ke search engine (Google Webmaster Tools, Bing Webmaster, dsb.)
  • Kirimkan peta situs (sitemap) blog Anda ke masing-masing webmaster search engine.
  • Postinglah artikel yang berkualitas, dan hindari copy-paste artikel dari blog lain.
  • Lakukan link building (menanam backlink).
  • Amati hasil praktek SEO yang Anda terapkan setelah 2-3 bulan kedepan.
  • Analisa dan perdalam wawasan Anda tentang seluk-beluk SEO.

Related posts:

1 Responses for "Panduan SEO Untuk Pemula Sesuai Pedoman Google"

  1. Sayangnya harga hosting lebih mahal daripada harga domain.

    ReplyDelete