10 Tips SEO Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Tips SEO Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog
Adalah sebuah fakta bahwa microblog sangat membutuhkan peran SEO. Untuk bisa bersaing memperebutkan tempat teratas di hasil penelusuran search engine peran SEO mutlak dibutuhkan bagi blog dengan skala kecil.

Terdapat jutaan hingga miliaran laman di internet yang sebagian memiliki persamaan topik, dan hal ini menuntut para blogger atau webmaster untuk melakukan sederet persiapan guna bisa mengatasi rivalitas di SERP yang tentunya sangat ketat (bergantung pada keyword yang Anda pilih).

Dengan berbekal kuantitas SEO yang baik, setiap laman (website/blog) memiliki potensi untuk masuk ke top 10 search engine search results dan mendapatkan banyak pengunjung yang mana hal ini selalu menjadi espektasi awal ketika kita memutuskan untuk menekuni rutinitas blogging.

Bagi sebagian orang, SEO terkadang menjadi sebuah kendala tersendiri. SEO mungkin dirasa cukup merepotkan dan menyita banyak waktu. Namun, ketika Anda sudah masuk lebih dalam, sebenarnya SEO tidaklah terlalu rumit, asalkan Anda mau belajar dengan sungguh-sungguh, mau bekerja lebih keras, terus melakukan trial, dan mau menganalisa secara seksama hasil emplementasi SEO yang Anda lakukan.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi tips SEO terbaik, berikut beberapa kunci SEO yang menjadi materi pengukur seberapa siap blog Anda untuk bersaing di SERP.

  1. Gunakan template yang ringan (loading cepat). Download template Blogger terbaru.
  2. Atur tag (tanda) struktur laman; tag h1 untuk judul, h2 untuk deskripsi, dst. Judul artikel harus terganti oleh judul artikel pada saat berada di laman artikel.
  3. Buatlah meta description untuk setiap laman; meta description untuk halaman home dan halaman artikel/posting.
  4. Buatlah sitemap dalam format XML. Sitemap dalam format HTML tidak banyak membantu untuk proses indexing artikel oleh Googlebot, karena secara teknis Googlebot mengindeks artikel pada suatu laman dimulai dari penelusuran antar link demi link dan atas bantuan sitemap dalam format XML.
  5. Tetap fokus memposting artikel berkualitas. Buatlah artikel yang panjang (500-ribuan kata) karena artikel dengan tingkat kepadatan kata tinggi faktanya memang jauh lebih berpeluang masuk ke halaman teratas hasil pencarian Google.
  6. Hindari memasukkan anchor text atau menautkan antara satu halaman ke halaman lainnya dengan tingkat relevansi rendah.
  7. Hindari melakukan keyword stuffing atau memasukkan keyword secara berulang-ulang. 
  8. Buatlah judul artikel yang SEO friendly; deskriptif, banyak diketikkan orang di kotak pencarian mesin telusur, tidak terlalu panjang, dan relevan dengan isi artikel secara keseluruhan.
  9. Tanamkan backlink sesuai Pedoman Google Webmaster; link dari situs yang memiliki reputasi baik, relavan, natural, dst.
  10. Bangunlah reputasi blog Anda di situs social media atau situs social network, seperti Facebook, Twitter, dan terutama Google Plus. Perlu diketahui, bahwa Google menggunakan 200 indikator dalam proses pemeringkatan suatu laman di internet, dan salah satunya adalah merujuk pada popularitas blog bersangkutan di situs social media. Tambahkan widget +1 di blog Anda untuk memudahkan pengunjung merekomendasikan artikel yang ada di blog Anda.

10 poin SEO diatas merupakan hasil rangkuman dari analisa saya dan merujuk pada pedoman yang diberikan oleh Google terkait cara optimasi situs web. Pastinya ada banyak sekali kaedah-kaedah untuk membangun popularitas suatu blog di search engine, namun 10 poin penting daiatas merupakan materi pengukur terpenting sejauh mana potensi blog Anda dapat dapat memenangkan persaingan di hasil penelusuran (SERP).

Related posts:

No response yet for "10 Tips SEO Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog"

Post a Comment