Tips Membeli Mobil Bekas Secara Aman

Tips Membeli Mobil Bekas Secara Aman
Membeli mobil dalam kondisi telah terpakai (second) tentunya sangat berbeda dengan membeli mobil baru. Dalam membeli mobil bekas ada sejumlah hal penting yang harus menjadi perhatian Anda agar nantinya Anda tidak merasa merugi setelah mengeluarkan uang untuk membeli mobil tersebut.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas dengan budget berkisar 50 juta-an, silakan baca posting sebelumnya, harga mobil 50 juta-an. Dan bagi Anda yang masih dalam tahap mengumpulkan uang untuk bisa membeli mobil, tidak ada salahnya untuk membaca artikel tips agar bisa membeli mobil dengan penghasilan kecil.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda berniat untuk membeli mobil bekas :

Brand / merek

Ada banyak sekali pabrikan mobil bekas yang dapat Anda pilih. Jika Anda berniat untuk menjualnya dikemudiah hari, sebaiknya Anda memilih brand mobil yang harga jual baliknya masih relatif tinggi agar nantinya Anda tidak banyak merugi saat menjual mobil tersebut.

Konsumsi BBM

Semakin besar CC sebuah mobil, maka konsumsi bahan bakar tentunya semakin tinggi. Sesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda, dan hindari membeli mobil ber-CC tinggi jika penghasilan Anda relatif rendah. Bagi Anda yang berpenghasilan 5-10 juta/bulan, sepertinya mobil yang ideal untuk Anda adalah 1500-1600 CC.

Legalitas

Jangan asal tergiur dengan harga murah. Pastikan mobil yang akan Anda beli memiliki surat-surat lengkap. Periksalah dengan seksama STNK dan dokumen-dokumen terkait lainnya untuk memasatikan legalitas mobil tersebut.

Lakukan pengecekan

Periksalah kondisi mobil tersebut secara seksama. Selain memperhatikan bagian luar, pastikan Anda juga memeriksa kondisi mesin mobil. Jangan asal terlihat masih bagus tapi Anda tidak memeriksa kondisi mesinnya. Memeriksa kondisi mesin sangat penting, dan jika Anda kurang pengalaman silakan mengajak teman Anda yang sudah mengerti tentang mesin mobil.

Tahun pembuatan

Jika Anda kurang pengalaman tentang mobil, sebaiknya jangan membeli mobil yang sudah terlalu tua untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Secara teori mobil yang tahun pembuatannya sudah cukup berumur akan mudah rusak dan menghabiskan uang untuk biaya perbaikan serta penggantian spare part.

Related posts:

No response yet for "Tips Membeli Mobil Bekas Secara Aman"

Post a Comment