Sekilas Tentang Kuliah Sastra Rusia

Sastra Rusia masuk dalam fakultas Ilmu Kebudayaan (FIB). Popularitas Sastra Rusia sejauh ini memang masih kalah rating jika dibandingkan dengan Sastra Jepang atau Sastra Jerman, namun saat ini minat terhadap Sastra Rusia tengah mengalami peningkatan.

Sebuah hal yang logis jika pada saat ini Sastra Rusia masih kalah populer dengan Sastra bahasa lain, hal ini merujuk pada sejumlah  faktor, dan salah satunya adalah faktor universitas dimana pada saat ini hanya ada dua universitas di Indonesia yang memiliki program studi jurusan Sastra Rusia. Kedua universitas tersebut adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan Universitas Indonesia (UI).

Per 2014 hanya UNPAD dan UI yang sudah memiiki program studi Sastra Rusia, dan hal ini tentunya menghambat sebagian masyarakat di seluruh Nusantara yang ingin memilih Sastra Rusia karena hanya diberikan dua pilihan. Akan tetapi, seiring dengan adanya indikasi meningkatnya minat para pelajar untuk mendalami ilmu bahasa Rusia tidak menutup kemungkinan kedepannya universitas-universitas lain di Indonesia akan menyediakan program kuliah jurusan Sastra Rusia.

Fakultas Ilmu Kebudayaan jurusan Sastra Rusia mendidik mahasiswa untuk trampil dan mampu menguasai bahasa Rusia secara fasih, baik untuk percakapan maupun penulisan. Mahasiwa jurusan Sastra Rusia juga akan diberikan materi kuliah berkaitan dengan budaya Rusia, dinamika sosial masyarakat, dan juga akan diarahkan untuk memiliki wawasan yang baik tentang kesusastraan Rusia.

Prospek kerja bagi alumni Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Rusia juga tergolong bagus. Meskipun quota kerja sebenarnya lebih dominan ke Sastra Inggris sebagai bahasa Internasional, namun lulusan Sastra Rusia juga memiliki peluang yang cukup bagus untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal. Lulusan jurusan Sastra Rusia dapat memilih untuk bekerja di instansi pemerintahan, sektor pariwisata, perhotelan, diplomasi, dan juga sebagai staf pengajar.

Untuk lulusan Sastra Rusia yang memiliki nilai akademis bagus juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Rusia. Mereka (alumi dengan prestasi bagus) memiliki kesempatan yang cukup besar untuk mendapatkan program beasiwa dari pemerintah Rusia bekerjasa dengan pemerintah RI.

Dari segi biaya, kuliah di FIB jurusan Sastra Rusia tergolong ekonomis jika dibandingkan dengan fakultas-fakultas populer lainnya, sebut saja fakultas IPA.

Kesimpulan
Kembali pada minat Anda, jika Anda memang tertarik untuk mendalami Sastra Rusia, maka Anda bisa mencobanya tanpa perlu memikirkan sisi-sisi minus dari jurusan ini.

Potensi untuk mendapatkan pekerjaan tetap terbuka lebar jika Anda bisa menjadi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.

Jika Anda mampu membayar biaya kuliah pada fakultas lain, maka Anda juga mampu untuk membayar biaya kuliah di fakultas FIB jurusan Sastra Rusia, karena besaran biaya kuliah relatif rendah dibandingkan dengan fakultas populer lainnya.

Related posts:

1 Responses for "Sekilas Tentang Kuliah Sastra Rusia"