Cara Mengurus Visa Ke Amerika

Cara Mengurus Visa Ke Amerika
Img: Thinkstock
Mengurus visa Amerika adalah sebuah keharusan bagi siapa saja yang berencana untuk mengunjungi negeri Paman Sam. Terkecuali untuk tujuan/negara yang membebaskan WNI dari visa, maka kita diharuskan untuk mengajukan permohonan visa terlebih dahulu jika ingin mengunjungi negera bersangkutan.

Amerika Serikat adalah salah satu negara tujuan wisata terpopuler. Ya, sebagai negara adidaya, negeri Paman Sam tentunya diminati oleh banyak orang sebagai objek wisata atau liburan. Nah, pada kesempatan ini, Admin ingin berbagi panduan langkah-langkah mengurus visa ke Amerika secara lengkap.

Dalam mengurus visa ke Amerika, terdapat empat langkah/tahapan. Dan berikut ini empat tahapan yang saya maksudkan :

1. Membayar administrasi pengajuan visa

Dalam mengajukan permohonan visa berlibur, Anda diharuskan untuk membayar uang sebesar 160 Dollar. Metode pembayaran hanya dapat dilakukan melalui dua opsi pembayaran, yaitu secara langsung (bayar secara tunai) di bank Standard Chartered dan di Bank Permata.

2. Mengisi form permohonan visa via online

Isilah form online jenis DS-160. Anda dapat menemukan form pengajuan visa via Apply For a Nonimmigrant Visa.

Form yang harus diisi berupa kelengkapan data diri, meliputi nama, alamat, orangtua, pasangan, pekerjaan, profesi, nama kantor tempat Anda bekerja, data pemasukan bulanan Anda, rencana travelling/perjalanan untuk berapa lama, akan menginap dimana, akan pergi dengan siapa, serta sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan terorisme.

Siapkan foto Anda dengan background berwarna putih. Apabila semuanya berjalan lancar, proses pengisian semua bidang yang tertera di form tidak memakan waktu lebih dari 1 jam. *) Hindari menggunakan koneksi internet yang tidak stabil/sering terputus.

Apabila form sudah selesai Anda isi, selanjutnya Anda akan mendapatkan bukti konfirmasi pengisian DS-160. Silakan cetak bukti konfirmasi tersebut menggunakan kertas berukuran A4.

3. Proses jadwal wawancara

Usai form online Anda isi secara lengkap, kemudian Anda akan mendapatkan informasi link situs untuk membuat jadwal wawancara. Adapun pilihan tempat wawancara ada dua, yaitu di Kedubes AS di Jakarta ( Jl. Medan Merdeka Selatan, No. 3 - 5) atau di Konjen Amerika Serikat di Surabaya (Jl. Raya Dr. Soetomo No. 33). Dalam waktu tidak sampai tujuh hari, Anda sudah bisa hadir untuk melakukan sesi wawancara, dan pada akhir sesi, silakan cetak bukti konfirmasi jadwal wawancara.

4. Sesi wawancara

Ada dua pilihan waktu sesi wawancara untuk daerah Jakarta, yaitu pada pukul 07.00 WIB dan pukul 07.30 WIB. Para pemohon visa diharuskan datang 15 menit lebih awal. Namun, ada kalanya antrian berlangsung cukup lama.

Pada saat akan melakukan wawancara, Anda diwajibkan untuk membawa 5 dokumen, yaitu :

  • Paspor yang memiliki masa berlaku enam bulan (jika ada paspor lama, silakan bawa)
  • Bukti pembayaran pengajuan visa dari bank 
  • Cetak bukti konfirmasi pengisian form DS-160
  • Cetak bukti konfirmasi jadwal sesi wawancara
  • Satu buah pas foto terbaru berukuran  5cm x 5cm dengan latar berwarna putih.

Catatan:
Sekalipun tidak diharuskan, namun disarankan bagi Anda untuk turut membawa dokumen-dokumen pendukung pada saat sesi wawancara. Seperti, buku tabungan, rekening koran, surat keterangan kerja, slip gaji, dsb. Adapun untuk informasi lebih lanjut tentang jenis-jenis dokumen pendukung pembuatan visa dapat Anda akses melalui Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Visa Non-Imigran.

Tips:
Untuk mempermudah proses mendapatkan visa, pastikan Anda bisa menjawab dengan tenang setiap pertanyaan yang diberikan.

Demikian info cara mengajukan visa ke Amerika, semoga artikel ini berguna bagi Anda yang hendak berlibur ke negara super power ini.

Related posts:

No response yet for "Cara Mengurus Visa Ke Amerika"

Post a Comment