3 Pendapat Salah Dalam Menentukan Pagerank Website

Pendapat Salah Dalam Menentukan Pagerank Suatu Blog
Menurut wikipedia: PageRank merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank juga merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Banyak orang yang sibuk mengoptimalkan blog atau websitenya agar mendapatkan website yang tinggi. Hal ini dikarenakan website yang memiliki pagerank tinggi berarti website tersebut sangat baik di SERP. Tetapi apakah benar website yang mempunyai Page Rank tinggi posisinya bagus di halaman mesin pencari?

Banyak hal yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah pagerank. Mulai dari membuat artikel yang banyak, membuat backlink di banyak website. Tetapi ada beberapa orang yang mempunyai pemahaman salah dalam menentukan pagerank. Apa saja pemahaman yang salah tersebut? Simak dibawah ini

Peringkat Alexa Yang Tinggi

Tak sedikit orang yang beranggapan kalau ingin mendapatkan Page Rank tinggi maka harus mendapatkan peringkat Alexa yang tinggi. Coba Anda lihat website ini. Website tersebut memang mempunyai PR tinggi yakni 3 tapi lihatlah Alexanya website tersebut. Website tersebut tidak mempunyai peringkat alexa yang tinggi bahkan tidak punya peringkat Alexa yakni N/A. Jadi sebenarnya peringkat bukan hal utama untuk mendapatkan pagerank tinggi.

Backlink Yang Banyak

Banyak orang yang beranggap bahwa dengan banyaknya backlink akan mudah mendapatkan pagerank tinggi. Padahal mendapatkan backlink yang banyak tidak memastikan akan mendapatkan Page Rank. Kita memang harus mendapatkan backlink untuk mendapatkan Page Rank tapi bukan seberapa banyaknya tetapi seberapa berkualitasnya backlink tersebut dan relevan dengan website yang kita miliki.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan Page Rank yang tinggi maka tanamlah backlink di website yang mempunyai Page Rank tinggi pula dan pastikan backlink tersebut do follow dan usahakan mendapatkan backlink dari website terkenal. Gambar diatas menunjukan berapa backlink dari website PR yang harus Anda dapatkan untuk mendapatkan Page Rank tinggi untuk website Anda.

Membuat Artikel Yang Banyak

Hal yang terakhir adalah hal yang sering dilakukan para pelaku web demi mendapakan Page Rank tinggi. Banyak yang beranggapan kalau dengan banyak membuat dan memposting artikel di website dapat mempunyai yang traffic yang baik dan dapat membuat website tersebut mendapatkan Page Rank yang baik.

Memang dengan banyaknya traffic dalam suatu website dapat membuat website tersebut menjadi lebih berkualitas tetapi jika artikel tersebut tidak di optimasi maka sama saja. Coba lihat website ini memang dia mempunyai website yang terdapat banyak artikel dan Page Ranknya pun 3 tetapi jika dibandingkan dengan website yang tadi kita lihat ini, webiste ini tidak mempunyai banyak artikel tapi peringkat Page Rank tersebut samakan. Jadi faktor artikel bukan hal yang utama untuk mendapatkan Page Rank tinggi.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan Page Rank tinggi perlu adanya optimasi yang tepat bagi website kita. Backlink yang relevan dan ber Page Rank dan buatlah artikel yang relevan dengan keyword website kita lalu optimasi dengan teknik sederhana misalnya submit ke sosial bookmark dan share ke sosial media. Dan perlu ingat jangan pernah berikan link ke website lain do follow haruslah no follow karena itu akan membuat website kita tidak baik posisinya di mesin pencari.

Artikel ditulis oleh: Erwin Petas

Related posts:

2 Responses for "3 Pendapat Salah Dalam Menentukan Pagerank Website"

  1. Benar, peringkat Alexa memang tidak bisa dijadikan ukuran pagerank. Nice post :)

    ReplyDelete