Tips Memotivasi Diri Sendiri

Manusia sebagai makhluk sosial mengalami kondisi penjiwaan (mentalitas) pasang-surut. Setiap orang membutuhkan suntikan motivasi untuk bisa mengharungi hirup-tikup kehidupan yang tentunya tidak mudah. Motivasi sendiri bisa datang dari orang-orang terdekat, keluarga, dan dari diri kita sendiri. Melalui artikel ini saya ingin berbagi dengan sahabat pembaca beberapa kiat untuk memotivasi diri sendiri.

Berikut beberapa tips untuk bisa memotivasi diri sendiri, semoga dapat dijadikan bahan renungan yang berarti bagi sahabat pembaca.

Simak history orang lain

Bacalah kisah sukses seseorang, terutama mereka yang notabene berasal dari keluarga kurang mampu. Carilah track record mereka, misalkan melalui media online, kemudian cermati riwayat perjalanan mereka hingga bisa menjadi orang sukses. Dari sana energi positif (motivasi) dengan sendirinya akan tumbuh pada diri Anda.

Fokus memikirkan hal yang paling Anda impikan

Semua orang pastinya memiliki sebuah keinginan besar. Misalkan keinginan Anda adalah untuk membeli rumah atau ingin membeli mobil idaman, maka fokuslah memikirkan mobil yang ingin Anda beli, dengan demikian motivasi akan tumbuh dalam diri Anda.

Jauhkan diri Anda dari hal-hal yang dapat memicu pesimisme

Jangan menempatkan diri Anda pada ruang yang salah. Artinya, jika diri Anda tidak cukup kuat untuk menghalau energi negatif yang potensial untuk merasuki Anda, maka Anda harus berusaha menghindari hal-hal tersebut, karena ia hanya akan melemahkan mentalitas Anda.

Tumbuhkan rasa pede yang seimbang dengan tindakan Anda

Setiap orang mutlak membutuhkan rasa pede yang cukup, namun harap tetap diingat bahwa membuat perencanaan itu tidak semudah menerapkannya. Belajarlah menjadi pribadi yang punya integritas, karena keseimbangan antara ucapan dan tindakan itu dapat menentukan baik-buruknya mentalitas seseorang dalam jangka waktu panjang.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related posts:

No response yet for "Tips Memotivasi Diri Sendiri"

Post a Comment