Trik Blog Banyak Pengunjung

Trik Blog Banyak Pengunjung
Bagaimana caranya supaya blog Anda bisa mendapatkan banyak visitor? Mendatangkan banyak pengunjung memang tidak semudah membuat blog itu sendiri. Jika membuat blog bisa diselesaikan dalam hitungan menit, maka untuk mendapatkan banyak pengunjung membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebagian besar pengunjung blog datang melalui mesin pencari, dan untuk bisa mendapatkan pagerank yang bagus di mesin pencari relatif membutuhkan waktu, oleh karenanya kita harus bisa sedikit bersabar sambil menerapkan semua elemen pendukung mulai dari optimasi on-page hingga optimasi off-page.

Banyak cara untuk meningkatkan visitor blog. Ada sekian banyak metode promosi dan optimasi yang bisa Anda terapkan untuk mendongkrak statistik pengunjung blog yang Anda kelola, namun metode apapun yang Anda tempuh ia tetap membutuhkan waktu, akan tetapi jika semuanya berjalan dengan baik hasilnya pun akan maksimal.

Membangun trafik blog sama halnya dengan membangun sebuah rumah. Untuk bisa berdiri kokoh dan memiliki pesona sehingga mampu mencuri perhatian orang banyak tentunya struktur konstruksi dan desainnya harus dipersiapkan sedemikian bagus dan matang. Dan berikut ini beberapa langkah atau tahapan dalam membangun trafik blog.

Pilih platform blog yang tepat
Memilih platform sangat penting, karena setiap platform blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gunakan platform blog yang SEO friendly, seperti Blogger/Blogspot atau WordPress. Kedua platform tersebut adalah platform blog yang paling banyak digunakan oleh blogger, baik blogger pemula maupun expert.

Buatlah blog baru
Jika sudah menentukan platform, maka saatnya untuk membuat blog baru Anda. Membuat blog, seperti membuat blog di Blogspot itu sangat mudah sekali. Selain bagus di SEO, Blogspot juga sangat user friendly sehingga Anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah meski Anda belum pernah ngeblog sekalipun.

Tentukan tema blog
Menentukan tema blog adalah salah satu hal yang paling krusial. Sebelum Anda banyak menulis, pastikan Anda sudah memiliki gambaran apa tema yang ingin Anda usung, karena tema amat berkaitan rapat dengan penerapan teknik SEO.

Gunakan template SEO friendly
Template memiliki peran penting dalam meentukan volume trafik suatu blog. Pastikan Anda menggunakan template yang mudah di crawl oleh spider GoogleBot agar tidak terjadi galat perayapan. Download template blog SEO friendly -  Download template blog ringan  - Download template blog terbaru

Tulislah artikel yang berkualitas
Jangan asal tulis. Tulislah artikel yang berguna bagi para pengunjung. Jika artikel yang akan Anda tulis berupa artikel tutorial atau tips, pastikan artikel tersebut bisa memberikan solusi kepada pengunjung blog Anda. Ingat, bounce rate merupakan indikator seberapa puas pengunjung terhadap isi blog Anda, dan ia akan berefek pada proses pemeringkatan oleh search engine.

Daftarkan blog Anda ke berbagai search engine
Sosialisasikan blog Anda ke berbagai search engine untuk mempercepat proses indexing ketika Anda memposting artikel. Meskipun target utama pengunjung blog berbahasa Indonesia hanya di Google Search, namun tambahan backlink dari situs mesin pencari lain akan sangat membantu.

Buatlah sitemap/daftar isi blog
Sitemap ada dua jenis, yang pertama sitemap dalam bentuk xml yang fungsinya untuk memudahkan search engine dalam mendeteksi konten pada blog Anda, dan yang kedua adalah sitemap dalam bentuk html yang dipasang pada laman blog. Buatlah keduanya untuk memaksimalkan jumlah visitor blog.

Integrasikan blog dengan social media
Gunakan Facebook, Twitter, Pinterest, Google Plus, dll untuk membangun popularitas blog Anda. Google sangat memprioritaskan backlink serta popularitas suatu blog di social media, oleh karenanya Anda harus menghubungkan blog Anda dengan situs-situs social media untuk membangun reputasi dimata search engine.

Lakukan link building secara manual dan terukur serta continue 
Blog sangat membutuhkan backlink sebagai voter. Cara terbaik untuk membangun backlink adalah dengan melakukannya secara manual. Link building juga harus dilakukan secara terukur sesuai dengan usia blog. Selain itu, link building juga harus dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga keseimbangan dan memenangkan persaingan di SERP.

Posting artikel minimal 2 hari sekali
Meskipun kualitas itu punya andil besar untuk menjaga stabilitas trafik, namun berdasarkan analisa saya blog yang lebih sering di update jauh lebih berpeluang mendapatkan trafik tinggi katimbang blog yang jarang di update.

Periksa kesehatan blog
Ini adalah salah satu bagian terpenting dalam usaha untuk mendapatkan banyak pengunjung. Periksa kondisi kesehatan blog Anda, misalkan melalui Google Webmaster Tools. Pastikan tidak ada broken link atau galat perayapan.

Demikian, semoga bermanfaat. Saya rasa itulah beberapa trik blog banyak visitor yang sesungguhnya yang tentunya bukanlah sebuah rahasia.

Related posts:

No response yet for "Trik Blog Banyak Pengunjung"

Post a Comment