Beberapa Efek Buruk Merokok Bagi Wanita

Beberapa Efek Buruk Merokok Bagi Wanita
Tahukah anda, bahwa merokok memiliki resiko yang jauh lebih besar pada wanita dibandingkan pria. Seringkali kita menjumpai perokok wanita dijaman sekarang, hal ini mungkin disebabkan salah satunya adalah life style yang tidak benar. Meskipun wanita yang merokok dianggap tidak sesuai dalam sudut pandang kultur Indonesia namun faktanya hingga sekarang jumlah perokok wanita semakin meningkat.

Sebaiknya anda perokok wanita segera berhenti dari kebiasaan yang tidak sehat ini. Karena beberapa penelitian membuktikan bahwa racun pada rokok lebih mungkin membunuh wanita dibandingkan pria. Salah satunya adalah perokok wanita berisiko 25% lebih besar menderita penyakit jantung dibandingkan dengan pria. Beberapa dampak lain yang didapat pada wanita yang merokok antara lain:

1. Menopause lebih awal
Penelitian yang dilakukan di Perelman School of Medicine, University of  Pennsylvania, menemukan bahwa wanita perokok mengalami gejala menopause lebih cepat 1 hingga 2 tahun dibanding wanita yang tidak merokok.

2. Wanita perokok memiliki resiko 5x lebih besar menderita kanker paru dibandingkan perokok pria, walaupun intensitas merokok sama. Hal ini karena wanita memiliki hormone estrogen sehingga memperbesar resiko terkena kanker paru.

3. Dapat merusak kulit wanita
Perokok wanita cenderung memiliki kulit yang kusam, kendur,dan mempercepat keriput lebih cepat 10 hingga 20 tahun lebih awal. Hal ini disebabkan karena kulit mengalami kekurangan oksigen.

4. Kerusakan hati
Wanita dan pria memiliki struktur biologis yang berbeda sehingga perokok wanita memiliki resiko 25% lebih besar menderita kerusakan hati.

5. Mempengaruhi kesuburan wanita
Jika anda wanita perokok yang sedang menjalani program kehamilan, alangkah baiknya jika kebiasaan anda merokok segera diberhentikan. Karena merokok dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Related posts:

No response yet for "Beberapa Efek Buruk Merokok Bagi Wanita"

Post a Comment