Beberapa Macam Pola Asuh Pada Anak

Img: lapetite.com
Sebagai orang tua yang memiliki fungsi dan peran sebagai pelindung setiap anggota keluarga, tentu selalu ingin memberikan yang terbaik. Pola asuh pada anak yang benar akan membantu membentuk anak menjadi pribadi yang tangguh. Namun demikian sebaliknya jika orang tua menerapkan pola asuh yang salah maka membentuk anak menjadi pribadi yang mudah menyerah atau tidak tangguh dalam keadaan apapun.

Pola asuh adalah suatu cara terbaik yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan rasa tanggung jawabnya kepada anak. Pola asuh pun bermacam-macam antara lain adalah :

1. Pola asuh demokratis
Yaitu dimana anak diberikan kebebasan oleh orang tua untuk memilih apa yang terbaik untuk dirinya sehingga melatih anak untuk lebih bertanggung jawab. Dalam pola asuh ini biasanya anak dilibatkan oleh orang tua dalam setiap keputusan yang berhubungan dengan anak, walaupun keputusan sepenuhnya ada pada orang tua. Seperti contohnya diskusi terhadap les yang akan diikuti oleh sang anak.

2. Pola Asuh Otoriter
Yaitu pola asuh yang lebih menekankan pada hukuman-hukuman baik fisik atau verbal, adanya aturan-aturan yang ketat serta paksaan anak yang harus sesuai dengan keinginan orang tua. Dalam pola asuh ini anak tidak diberikan kebebasan dan tidak dilibatkan dalam setiap keputusan yang diambil orang tua. Contohnya adalah memilih sekolah dengan tidak melibatkan anak dalam keputusan yang diambil.

3. Pola Asuh Permissive
Yaitu pola asuh yang memberikan kebebasan dan kelonggaran yang seluas-luasnya pada anak untuk melakukan apa saja yang diinginkan. Dalam pola asuh ini orang tua menganggap anak sudah dewasa, bebas melakukan apa saja sehingga kontrol atau bimbingan orang tua terhadap anak sangat minim. Misalnya tidak ada teguran ketika anak membolos sekolah.

Related posts:

No response yet for "Beberapa Macam Pola Asuh Pada Anak"

Post a Comment