Cara Agar Anak Semangat Belajar

Cara  Agar Anak Semangat Belajar
Pada sebagian besar anak-anak yang berusia sekitar 4 hingga 10 tahun memiliki rasa malas atau keengganan untuk belajar. Hal ini pasti pernah dialami oleh semua para orang tua. Pada usia tersebut,  biasanya anak memiliki rasa keingin tahuan yang besar terhadap sesuatu sehingga seharusnya mereka semakin kaya pengetahuan. Kegiatan belajar seringkali dianggap kurang menyenangkan pada anak. Namun tahukah anda jika salah satu penyebab anak tidak suka belajar adalah pola asuh yang salah pada orang tua. Mengapa bisa demikian, contoh beberapa hal yang pernah kita jumpai ketika anak bertanya “Bun itu apa?” orang tua yang sedang lelah biasanya hanya memberikan penjelasan yang sekedarnya atau ketika anak mencoret-coret tembok sebagian orang tua pasti mengatakan “Jangan, nanti temboknya kotor”.

Sikap seperti ini tanpa disadari telah menanamkan diri anak bahwa belajar itu tidak menyenangkan. Namun tidak perlu khawatir, orang tua bisa membantu anak agar bersemangat dalam belajar dengan hal-hal yang sederhana, simak tips berikut ini :

1. Cari tahu penyebabnya
Ini merupakan langkah awal bagi orang tua yang ingin anaknya bersemangat dalam belajar. Para orang tua harus mencari penyebab mengapa anak tidak suka belajar. Salah satu contoh mungkin dikarenakan ketika anak tidak bisa menghafal para orang tua atau guru langsung memarahinya tanpa memberikan bantuan pada anak.

2. Mengetahui gaya belajar anak
Antara anak yang satu dengan yang lain memiliki gaya belajar yang berbeda. Apakah lebih cenderung auditori, visual atau kinestetik. Karena setiap gaya belajar mempunyai treatment berbeda untuk anak. Semisal jika anak memiliki gaya kinestetik maka orang tua bisa memberikan gadget dengan game yang mendidik seperti mengenal huruf dan berhitung.

3. Memberikan pujian 
Tahukah jika pujian memberikan rasa semangat atau motivasi pada anak anda. Pujian membuat anak semakin gairah akan sesuatu karena menganggap hal itu menyenangkan. Maka pujilah anak jika mendapatkan nilai yang bagus disekolah.

4. Mengubah suasana belajar
Belajar seringkali dianggap kegiatan yang membosankan bagi anak. Buat suasana yang menyenangkan, orang tua dapat memberikan VCD education seperti belajar mengenal huruf atau berhitung. VCD ini bisa kita dapatkan di toko-toko buku.

Semoga tips tersebut dapat membantu para orang tua untuk membuat anak bersemangat dalam belajar.

Related posts:

1 Responses for "Cara Agar Anak Semangat Belajar"

  1. Memang sangat perlu menumbuhkan semangat belajar pada anak.
    Mengingat banyaknya pengaruh, tampaknya orang tua maupun guru harus berperan aktif menjaga anak agar tetap mau belajar.

    ReplyDelete