Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet

Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet
Coba anda sebutkan tiga kata yang berhubungan dengan laptop. Mungkin salah satunya jawaban anda adalah gadget, canggih, modern, praktis. Ya, hampir semua orang pasti memiliki laptop. Dari para pelajar, mahasiswa, pengusaha dan lain sebagainya.

Laptop sudah menjadi kebutuhan masyarakat kini, namun hal yang sering membuat kita kecewa adalah baterai yang tidak tahan lama. Kelemahan ini yang membuat para produsen merk laptop berlomba-lomba untuk menawarkan kapasitas baterai yang lebih awet.

Yang perlu anda ketahui, baterai lemah juga dapat disebabkan beberapa hal yaitu kecepatan CPU, kinerja grafis tinggi serta jumlah RAM besar yang membutuhkan lebih banyak kekuatan. Namun kita akan bagikan tips untuk membantu anda agar baterai laptop tetap awet, yaitu :

1. Jika laptop anda baru, charge laptop hingga baterai penuh kurang lebih antara 4-8 jam sampai lampu indikator berwarna hijau.

2. Gunakan laptop dengan keadaan suhu normal ruangan, jika suhu ruangan anda sedang panas, lebih baik gunakan cooling pad agar laptop tidak mudah panas.

3. Ketika anda sedang charge laptop, usahakan untuk mengontrol tegangan listrik. Karena tegangan listrik yang tidak stabil akan menyebabkan adaptor mudah rusak dan mempengaruhi kinerja baterai.

4. Turunkan brightness layar, karena semakin terang layar monitor, maka akan memakan daya baterai laptop.

5. Bersihkan laptop secara teratur,lubang ventilasi yang tersumbat akan membuat laptop cepat panas dan memaksa kipas bekerja lebih keras akibatnya baterai laptop akan mudah habis.

6. Gunakan sleep mode, jika anda masih menggunakan laptop namun masih mengerjakan kegiatan secara bersamaan anda bisa menggunakan sleep mode. Sleep mode ini menggunakan baterai yang rendah. Namun sleep mode ini tidak disarankan jika anda mematikan laptop dalam jangka waktu lama, anda harus tetap menggunakan shut down.

7. Tutup program yang tidak perlu, cara ini sangat efektif agar baterai laptop tetap awet.

8. Lakukan pengaturan power savings, lakukan pengaturan yang disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan seperti meredupkan layar ketika berada diruangan cukup cahaya. Cara ini juga efektif menjaga baterai laptop agar tetap awet.

Tips tersebut adalah langkah yang paling mudah untuk anda lakukan agar baterai laptop anda lebih bertahan lama. Jika baterai laptop anda terlanjur rusak maka gantilah dengan baterai yang original agar daya kerja baterai tidak mempengaruhi kinerja laptop.

Related posts:

No response yet for "Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet"

Post a Comment