Cara Memperbaiki Link Error di Blog

Link error atau broken link dengan kode error 404 berdampak buruk terhadap perkembangan suatu blog. Sepintas, broken link mungkin seperti bukan sebuah masalah serius, namun tahukah Anda bahwa broken link dapat merusak peringkat blog Anda di SERP yang tentunya berujung pada minimnya pengunjung.

Cara Memperbaiki Link Error 404 di Blog - Exnim
Broken Link 404

Blog banyak pengunjung lazimnya terbebas dari broken link. Kendati blog Anda dipenuhi artikel bermutu dan dibutuhkan pembaca, namun keberadaan broken link dapat merusak reputasi blog dihadapan search engine, terlebih lagi saat ini sebagian besar search engine, seperti Google sangat mempermasalahkan broken link karena ia dianggap sebagai salah satu indikator praktik spam.

Broken link dapat terjadi atas berbagai kemungkinan, mulai salah pengetikan URL oleh pengunjung, terjadi kesalahan ketika memasukkan link pada anchor text, dan juga dikarenakan script pada template. Untuk mengecek kemungkinan adanya broken link di blog Anda, silakan gunakan tool online Brokenlinkcheck: www.brokenlinkcheck.com.

Cara memperbaiki broken link pada artikel ini lebih spesifik untuk mengatasi broken link yang terjadi pada target link, seperti link yang terkait dengan situs social network (Facebook, Twitter, etc.). Berikut langkah-langkah cara menghapus broken link yang disebabkan oleh script template blog.

Dengan membaca dan mempraktikkan panduan ini, saya anggap blog Anda sudah terdaftar di Google Webmaster Tools

Masuk ke Dashboard Blogger

Masuk ke Menu Layout

Silakan klik tombol Edit pada Blog Post

Silakan hilangkan centang pada bagian Show share buttons, kemudian klik Save.

Lanjut ke pengeditan script template, pilihlah menu Template.

Klik tombol Edit HTML

Tekan tombol keyboard Ctrl+F untuk mencari kode <b:if cond='data:top.showEmailButton'>. Jika sudah ketemu, silakan hapus kode <b:if cond='data:top.showEmailButton'> beserta kode dibawahnya hingga kode <data:post.dummyTag/></div></b:if>. Simpan pengaturan template.

Selanjutnya, silakan masuk ke Google Webmaster Tools.

Pilih blog yang ingin Anda bersihkan broken link nya.

Tekan tombol/menu Crawl Errors

Centang semua link error yang tertera, kemudian klik tombol MARK AS FIXED.

SELESAI.

Dengan menghapus beberapa baris script template sebagaimana dijelaskan diatas, maka link error URL target tidak akan terjadi lagi, karena script penyebab terjadinya link error tersebut sudah dihapus. Untuk memastikan link error tidak lagi muncul, Anda dapat mengeceknya di Google Webmaster Tools beberapa hari kemudian.

Related posts:

No response yet for "Cara Memperbaiki Link Error di Blog"

Post a Comment