Cara Mengetahui Jenis Penyakit dari Kuku

Pada umumnya diagnosis terhadap suatu penyakit dapat dilakukan bermacam-macam diantaranya pemeriksaan darah, feses, mata, air seni, lidah dan kuku. Kali ini akan dibahas diagnosis penyakit melalui kuku. Kuku merupakan pelindung yang ada di ujung jari dan berfungsi sebagai memperkuat daya sentuh. Kuku terdiri dari keratin protein yang kaya akan sulfur.

Anda dapat mendeteksi penyakit yang anda derita dari perubahan dan bentuk kuku. Berikut kami rangkumkan, beberapa diantaranya yaitu :

Kuku pucat (pale nail)
1. Kuku pucat (pale nail)
Biasanya ditandai dengan berwarna pucat dibagian pangkal kuku. Kuku pucat dapat mengindikasikan anda menderita penyakit anemia, gagal jantung, diabetes, gangguan pada hati dan kurang gizi.

Jika anda terkena anemia maka dianjurkan untuk makan seperti kacang-kacangan atau sayuran hijau yang kaya akan zat besi.  Sedangkan jika anda terkena diabetes maka kurangi makanan yang mengandung gula seperti teh dengan gula yang berlebih. 

Kuku berwarna putih (white nail)
2. Kuku berwarna putih (white nail)
Adanya garis putih dan merah secara bergantian. Kuku seperti ini mengindikasikan penyakit liver dan adanya kekurangan protein dan nutrisi lainnya. 

Kuku Tipis
3. Kuku Tipis
Jenis kuku ini memiliki kutikula kuku yang tidak sehat, gampang retak dan mudah terlepas. Kuku jenis ini memiliki indikasi penyakit kelenjar gondok atau sedang mengalami kerontokkan pada rambut.

Kuku kuning (yellow nail)
4. Kuku kuning (yellow nail)

Kuku terlihat bewarna kuning dibagian kutikula kuku. Dapat mengindikasikan penyakit diabetes, terinfeksi jamur yang ditandai pula dengan kuku menebal dan remuk,paru-paru dan penyakit gondok

Kuku biru (bluish nail)
5. Kuku biru (bluish nail)
Ditandai dengan kuku berwarna kebiru-biruan, hal ini disebabkan karena adanya hambatan pada sirkulasi darah sehingga oksigen tidak mencapai hingga ujung jari-jari. Kuku biru mengindikasikan infeksi pari-paru.

Kuku bergaris gelap (dark lines)
6. Kuku bergaris gelap (dark lines)
Ditandai dengan garis hitam dari ujung sampai ke pangkalnya. Biasanya disebabkan karena pemilik kuku menderita kanker kulit(melanoma). Jika anda memiliki jenis kuku ini segera periksa diri ke dokter terdekat.

Related posts:

No response yet for "Cara Mengetahui Jenis Penyakit dari Kuku"

Post a Comment