Contoh Pidato Tentang Narkoba

Narkoba mendatangkan dampak negatif yang sangat besar terhadap generasi bangsa. Keberadaan narkoba sangat merusak masa depan remaja dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Distribusi narkoba dengan berbagai cara semestinya bisa dicegah oleh aparat terkait dan juga masyarakat agar penyaluran benda terlarang tersebut benar-benar dapat dihentikan.

Indonesia termasuk salah satu Negara yang sejauh ini belum bisa lepas dari permasalahan narkoba. Ironisnya beberapa waktu lalu presiden SBY justru memberikan grasi terhadap salah satu tahanan kasus narkoba berskala besar. Bukannya mencerminkan sikap untuk memerangi narkoba tetapi malah memberikan toleransi hukum terhadap pelaku distribusi narkoba.

Contoh pidato yang bertemakan tentang bahaya narkoba 

Contoh pidato tentang narkoba ini untuk disampaikan dalam linkungan persekolahan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru beserta jajaran dewan pendidik

Yang saya cintai teman-teman semuanya

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan segenap rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini pada hari ini dengan keadaan sehat wal'afiyat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang bahaya Narkoba terhadap generasi muda dan masyarakat secara keseluruhan.

Di Negeri terbesar ke-4 ini jumlah pengguna narkoba begitu banyak sekali, karena lemahnya penegakan hukum. Di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang sangat besar. Penyalahgunaan narkotika dan zat terlarang lainnya tentu akan membawa dampak yang sangat luas untuk bangsa yang sangat besar  ini. Sebagai dampak dari penggunaan narkotika antara lain, perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas, meningkatnya tindak kekerasan, dan masih banyak lagi kerugian-kerugian lainnya yang disebkan oleh penyalahgunaan narkotika.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui beberapa metode, diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, menghindari pergaulan dengan pengguna atau distributor narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba, membiasakan diri berpola hidup sehat, dsb. Pengguna narkoba sejauh ini lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Pesan saya kepada para Bapak/Ibu hadirin agar senantiasa memantau putra-putri mereka dan mencegah mereka dari kegiatan-kegiatan yang dapat mengarahkan mereka kepada penggunaan zat-zat terlarang ini.

Pihak sekolahan juga memberikan penyuluhan kepada para siswa-siswi tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP. Rutinitas kegiatan berdiskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba senantiasa diadakan di sekolah. Program lainnya yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa-siswi yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya orang luar yang tidak dikenal yang berkemungkinan adalah seorang pengedar, melakukan raziah, dan penertiban .

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi, sepintar apapun trik dan tipu daya mereka, seperti halnya sebuah pantun "sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Berbagai macam penyiasatan untuk menghindari dewan guru dan pengurus sekolah memang selalu mereka persiapkan, namun narkoba adalah sebuah zat penyandu dimana para pecandu senantiasa menutut dosis yang lebih tinggi sehingga sikap indisipliner pasti akan mereka tampakkan dan akhirnya secara tidak langsung mereka menampakkan diri yang sebenarnya.

Bapak/Ibu para hadirin yang saya muliakan, marilah kita hindari dan menjauhi serta turut suka cita untuk ikut memberantas penggunaan narkoba. Mari kita selamatkan negeri ini dari ancaman narkoba. Jangan pernah membiarkan putra-putri bangsa teracuni oleh zat haram ini.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat serta kewaspadaan kepada kita akan bahaya narkoba, dan semoga zat terlarang ini dapat diberantas secara total agar tidak menjadi ancaman bagi generasi bangsa. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian contoh teks pidato/ceramah bertemakan bahaya narkoba

Related posts:

No response yet for "Contoh Pidato Tentang Narkoba"

Post a Comment