Daftar Negara Paling Luas Wilayahnya

Daftar negara terbesar (luas wilayah geografis) posisi pertama ditempati oleh Rusia, diikuti Kanada, dan Amerika Serikat berada diurutan ketiga. Merujuk pada data WikiPedia, Indonesia berada ditempat ke-13 dari 196 daftar negara dengan luas wilayah terbesar di dunia.

Daftar Negara Paling Luas Wilayahnya - exnim
Gambar Peta Dunia

Kendati menempati urutan ke-13 untuk daftar luas wilayah, namun Indonesia menempati urutan ke-4 untuk tingkat kepadatan penduduk. Cina menjadi negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia, kemudian diikuti India di urutan ke-2, Amerika berada diurutan ke-3, dan Indonesia menempati posisi ke-4.

Selain menempati urutan ke-4 dari daftar jumlah penduduk terbanyak, Indonesia juga menempati urutan ke-8 sebagai bangsa dengan jumlah pengguna internet terbanyak (data per akhir 2013). Sementara untuk jumlah penngguna sosial media, seperti Facebook, Twitter, dll, Indonesia masuk dalam daftar top 3.

Berikut ini daftar negara terbesar berdasarkan luas wilaya (negara-negara tersebut dibawah ini diurutkan berdasarkan luas wilayah, termasuk provinsi-provinsi diluar namun tidak termasuk daerah kekuasaan).

  1. Rusia
  2. Kanada
  3. Amerika Serikat
  4. Samoa Amerika
  5. Kepulauan Baker
  6. Guam
  7. Kepulauan Howland
  8. Pulau Jarvis
  9. Atol Johnston
  10. Karang Kingman
  11. Atol Midway
  12. Pulau Navassa
  13. Indonesia
  14. Atol Palmyra
  15. Puerto Rico
  16. Kepulauan Virgin Amerika Serikat
  17. Pulau Wake
  18. Tiongkok
  19. Hong Kong
  20. Makau
  21. Brasil
  22. Australia
  23. Kepulauan Ashmore dan Cartier
  24. Kepulauan Cocos (Keeling)
  25. Kepulauan Laut Koral
  26. Pulau Heard dan Kepulauan McDonald
  27. Pulau Norfolk
  28. India
  29. Argentina
  30. Kazakhstan
  31. Aljazair
  32. Republik Demokrasi Kongo
  33. Arab Saudi
Jika untuk adu luas wilayah, Indonesia menempati urutan ke-13 dunia, untuk daftar negara dengan ekonomi terbesar per 2014, Indonesia berada ditangga nomor 10, satu tempat dibawah Inggris dan satu tempat diatas Italia yang berada diurutan ke-11.

Related posts:

No response yet for "Daftar Negara Paling Luas Wilayahnya"

Post a Comment