Dampak Baik Dan Buruk Gadget Pada Anak

Dampak Baik Dan Buruk Gadget Pada Anak
Img: Tim Hawley / Getty Images
Gadget merupakan barang yang menarik bagi semua orang tak terkecuali pada anak. Dengan fitur yang canggih serta warna-warna yang beragam membuat anak semakin menyukainya. Gadget adalah piranti yang memiliki fungsi praktis yang dibuat dengan perkembangan teknologi saat ini. Contoh gadget adalah tablet, smartphone, laptop dan lain sebagainya.

Orang tua terkadang mengalami rasa dilema ketika memberikan fasilitas gadget pada anak. Tentu gadget memiliki dampak yang baik dan buruk bagi anak. Namun jika gadget diberikan dengan cara yang tepat  dan bijak , maka orang tua dapat meminimalkan dampak buruknya pada anak.

Berikut kami coba rangkumkan dampak baik dan buruknya gadget terhadap anak:

A. Dampak positif

1. Menumbuhkan kreatifitas anak
Game yang ada pada gadget dipercaya mampu meningkatkan kreatif pada anak. Game dengan kesulitan tingkat tinggi membuat anak semakin tertantang secara tidak langsung ini merupakan stimulus bagi anak untuk kreatif.

2. Media membangun relasi
Tidak dipungkiri, bahwa gadget semakin mempermudah menjalin komunikasi dengan banyak orang termasuk pada anak. Media sosial yang ada pada saat ini tidak membuat komunikasi terhalang oleh jarak. Contohnya seperti facebook atau twitter.

3. Melatih Fungsi Motorik
Aplikasi yang ada pada gadget mampu melatih motorik pada anak, yaitu bisa melatih koordinasi tangan dan mata balita yang membuat semakin terampil dikegiatan fisik seperti bermain bola.

B. Akibat Dampak negatif

1. Penurunan kemampuan bersosialisasi
Anak yang terlalu sering menggunakan gadget akan membuat anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.

2. Radiasi 
Secanggih apapun gadget memiliki radiasi yang cukup tinggi. Radiasi gadget akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Seperti radiasi pada hand phone bisa menghancurkan sel-sel otak pada balita jika digunakan secara berlebih.

3. Malas
Kemudahan yang diberikan gadget secara tidak langsung membentuk anak menjadi pemalas. Seperti  anak semakin malas dalam menganalisa masalah.

Informasi tersebut hanya sebagian kecil yang coba kami rangkumkan untuk anda para orang tua. Diharapkan dengan informasi ini, orang tua akan mampu bersikap bijak dalam penggunaan gadget untuk anak.

Related posts:

No response yet for "Dampak Baik Dan Buruk Gadget Pada Anak"

Post a Comment