Dampak Buruk Tidur Dengan Lampu Menyala

Dampak Buruk Tidur Dengan Lampu Menyala
Img: dailymail.co.uk
Selepas beraktifitas seharian, semua orang membutuhkan istirahat untuk melepas rasa lelah yaitu tidur. Tidur memiliki manfaat yang besar bagi tubuh salah satunya adalah membuat kita tidak mudah sakit.  Tidur merupakan aktifitas rutin yang dilakukan segala umur dari bayi hingga lansia. Tidur yang memiliki banyak manfaat adalah tidur malam.

Jika tidur malam anda berkualitas maka banyak manfaat yang diperoleh olehtubuh. Yang dimaksud adalah jam tidur minimal 8 jam dan kondisi ruangan yang mendukung. Beberapa orang, ada yang tidur dengan kondisi lampu menyala dan tidak. Kondisi yang baik adalah tidur malam dengan keadaan lampu tidak menyala.  Berikut dampak buruk tidur dengan lampu menyala :

1. Hormon Melatonin
Tidur dengan kondisi lampu menyala, akan mempengaruhi produksi hormon melatonin pada tubuh. Hormon yang berkaitan terhadap sistem imun atau kekebalan tubuh. Ahli biologi Joan Robert mengatakan hormon melatonin baru bisa memproduksi jika tidak ada cahaya.

2. Depresi
Turunnya hormon melatonin dapat mempengaruhi pula tingkat depresi pada diri seseorang. Dari hasil studi, bahwa adanya kenaikkan yang drastis resiko depresi dikarenakan kebiasaan buruk saat tidur.

3. Resiko terkena kanker
Paparan cahaya lampu dimalam hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Penurunan kadar hormon melatonin pada tubuh, akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh yang ikut melemah. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tidur malam dengan kondisi lampu menyala akan mengganggu produksi hormon melatonin. Pada wanita resiko terkena kanker lebih besar dibanding pria, salah satunya adalah kanker payudara.

Sebaiknya mulai sekarang anda membiasakan tidur malam dengan keadaan padam atau lampu tidak menyala. Langkah ini dirasa paling mudah untuk menjaga kesehatan anda.

Related posts:

No response yet for "Dampak Buruk Tidur Dengan Lampu Menyala"

Post a Comment