Penyebab Sinyal H+ XL Hilang

Penyebab Sinyal H+ XL Hilang
XL adalah salah satu provider telekomunikasi berbasis GSM terbesar di Tanah Air. XL tumbuh dengan pesat, dan kini sudah memiliki jutaan konsumen. Salah satu kelebihan provider XL ada pada kualitas jaringan. XL memiliki jaringan yang relatif stabil sehingga tidak heran jika konsumen XL terus bertambah dari waktu ke waktu.

Kelebihan lain yang dimiliki XL sepertinya terletak pada kecepatan serta stabilitas koneksi internet. Dengan dukungan jaringan yang mumpuni, speed koneksi internet XL relatif stabil sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi para konsumen yang aktif menggunakan internet, baik melalui pembelian paket maupun menggunakan pulsa reguler.

Kecepatan akses internet tentunya sangat dipengaruhi oleh kekuatan sinyal. Jika Anda menggunakan smartphone, kecepatan akses internet dapat mencapai level maksimal apabila sinyal yang ditangkap ponsel berupa sinyal H+. Pertanyaan yang mungkin hinggap dibenak Anda adalah “kenapa sinyal H+ tiba-tiba hilang dan muncul kembali selang beberapa jam kemudian?”.

Penyebab sinyal H+ hilang bagi Anda yang menggunakan kartu XL disebabkan oleh satu dari dua faktor berikut:

Faktor #1
Lokasi Anda jauh dari BTS. Sudah barang tentu jika lokasi Anda jauh dari BTS stabilitas sinyal H+ akan bermasalah.

Faktor #2
Anda berlangganan paket internet XL Unlimited. Berdasarkan pengamatan saya, sinyal H+ dengan sendirinya akan menghilang jika kita terdaftar pada paket XL Unlimited sementara penggunaan (akses internet) kita dianggap cukup tinggi. Sinyal H+ akan kembali muncul setelah jam 12 malam, karena XL melakukan pembatasan pada salah satu pelanggan yang pemakaian internetnya cukup tinggi. Anda tetap bisa online, namun dengan kecepatan rendah karena sinyal yang muncul hanya sinyal H atau bahkan EDGE.

Itulah analisis penyebab sinyal HSDPA+ di hp hilang bagi Anda yang menggunakan kartu XL sekaligus berlangganan paket internet XL Unlimited. Analisis ini tentunya dengan catatan tidak ada gejala kerusakan pada ponsel Anda.

Related posts:

12 Responses for "Penyebab Sinyal H+ XL Hilang"

  1. Kak mau naya,
    Trus caranya megatasi sinyal H atau EDGE itu gmana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemicu sinyal ponsel hilang cukup beragam, salah satunya adalah dikarenakan faktor hardware ponsel. Jika kondisinya demikian, maka sudah barang tentu yang harus dilakukan adalah memperbaiki atau mengganti hardware yang bermasalah. Untuk memastikan apakah letak permasalahannya pada sektor hardware, silakan bawa ponsel ke tempat yang dekat dengan BTS (tower), jika sinyalnya muncul normal atau lebih kuat, maka itu artinya kerusakan memang terletak pada hardware.

      Delete
  2. Jadi sinyal akan melemah jika ponsel dibawa ke tempst yang dekat dengan BTS ketika hardwarenya tidak rusak?

    ReplyDelete
  3. wah gan nice banget infonya, kemungkinan ane mengalami salah satu faktor yaitu faktor #2, soalnya ane pake downloan file sekitaran 400mb tiba" sinyal ane kgk mau nongol H+ nya.
    apa kemungkinan salah satu yg agan sebutin pemakaian internet terlalu tinggi ini merupakan salah satu permasalahan ane ya gan.
    soalnya ane bingung gk bisa cek kuota XL internet unlimited.

    ReplyDelete
  4. Kenapa Sih Internetku Lelet
    ________________________________________
    Bagi sebagain besar pengguna internet di Indonesia pasti pernah mengalami yang namanya internet lelet. Ini merupakan penyakit kronis dari jaringan internet Indonesia yang sampai saat ini masih sering terjadi. Kekronisan inilah yang membuat Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara dengan koneksi internet lelet alias lambat.
    Penyakit internet lelet itu penyebabnya bermacam-macam seperti dari aplikasi web browser, jaringan Internet, konten atau aplikasi yang hendak dibuka, database, atau server. Tidak semua masalah internet lelet dalam mengakses web dipicu oleh infrastruktur teknologi informasi. Contohnya seperti yang diungkapkan oleh Chief Representative Compuware Indonesia, Dimas Widiaksono, menuturkan beberapa waktu lalu ia pernah gagal mengakses situs salah satu bank swasta di Tanah Air karena salah menggunakan mesin peramban. “Ternyata layanan Internet Banking-nya hanya bisa dijangkau dengan browser Internet Explorer,” ujar dia.
    Internet lelet bisa dipicu lemahnya koneksi jaringan dari penyedia layanan Internet (Internet Service Provider/ISP) atau beratnya bobot aplikasi yang akan dibuka. Untuk mendeteksi masalah di jaringan ini memakan waktu yang lama bisa sampai 4 sampai 7 hari tergantung pada rumit-tidaknya sistem teknologi informasi yang diterapkan.
    Kita lupakan dahulu penyebab internet lelet karena faktor dari jaringan provider telekomunikasi, banyaknya pengguna atau karena faktor geografis. Kadang penyebab internet lelet itu malah dari pengguna sendiri. Oleh karenanya, kita perlu mengetahui pasti penyebab internet lelet dan cara menanggulanginya.
    Berikut beberapa cara untuk menanggulangi internet lelet :
    • Usahakan untuk membersihkan cookies, cache dan history dari web browser yang kita gunakan. Cookie, cache danhistory suatu web browser biasanya menyimpan informasi seputar website yang sering kita kunjungi.
    • Kadang kala kita membuka terlalu banyak halaman dalam sekali waktu. Semakin banyak tabs yang dibuka, semakin memengaruhi kinerja dari perangkat dan membuat koneksi internet lelet.
    • Jangan mencoba mengutak-atik setting-an halaman about confiq web browser jika kita tidak mengetahui fungsinya. Ingin membuat koneksi internet cepat malah bisa membuat koneksi internet lelet atau down.
    • Usahakan jangan menggunakan modem terlalu lama karena akan menjadi panas. Kurang kuatnya sinyal juga akan membuat modem cepat menjadi panas. Jika modem panas maka otomatis kinerja perangkat tersebut menjadi menurun dan akhirnya terjadilah internet lelet.
    • Serangan virus juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan internet lelet. Untuk itu perlu juga menggunakan antivirus yang handal dan sering-seringlah melakukan update antivirus.
    • Jika penyebab internet lelet adalah operator jaringan telekomunukasi seluler, maka tidak ada salahnya menghubungi penyedia layanan tersebut. Beberapa operator juga menerapkan kuota internet hanya berlaku untuk jaringan tertentu. Seperti operator XL Axiata yang menyediakan paket internet HotRod 3G+ yang sebagian besar kuotanya hanya bisa digunakan dijaringan 3G untuk menjaga agar kualitas koneksi internet dapat mencapai 7.2 Mbps.
    • Terakhir adalah selalu memeriksa apakah paket pulsa untuk internetan masih memadai atau sudah waktunya mengisi ulang.

    ReplyDelete
  5. gimana nih sinyal hilang timbul buat emosi saja.... bentar muncul h+ abis tu jadi e udah tu hilang gitu aja....
    main game saya jadi terganggu!!! tolong dong sebelum nya saya juga pakai xl gak gini gini amat...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bergantung pada lokasi tempat Anda tinggal, dalam beberapa hari terakhir ini saya juga mengalami gangguan sinyal yang cukup buruk. Adapun beberapa upaya yang saya lakukan diantaranya adalah mencari titik sinyal yang paling stabil, menempatkan ponsel pada titik yang berpotensi memiliki daya tangkap sinyal lebih baik, menyandingkan ponsel dengan benda yang mengandung serat optik (gelas transparan, dll).

      Delete
  6. Tp sy pake yg 4G ga da msalah.
    pas pake yg 3G kok sering hilang jaringanya

    ReplyDelete
  7. XL ga recommended lah. Mending ganti Telkomsel atau im3

    ReplyDelete
  8. Jika kondisinya sinyal sering hilang dan tdk ada upaya perbaikan lebih baik saya rekomen ganti kartu. XL sering ngaco.

    ReplyDelete
  9. Iy benar xl tdk bagus . Sblmnya sy pakai paket combo hotroad 24 jan yg 12GB, selama beberapa bln msh stabil 2bln terakhi ini kacrut sinya E trus browsing aja lelet bangat. Ada apa dgn XL ya? Kalau tdk ada perobahan krt tak harcurin.

    ReplyDelete