Profil Diana Wynne Jones

Diana Wynne Jones
Diana Wynne Jones - Img: YouTube
Mendiang Diana Wynne Jones adalah seorang penulis kenamaan asal Inggris. Diana Wynne Jones meninggal pada 26 Maret 2011, genap diusia 67 tahun. Diana Wynne Jones dikenal sebagai penulis hebat, khususnya novel fantasi yang ditujukan untuk anak-anak serta kalangan dewasa. Berkat karya-karya terbaiknya nama Diana Wynne Jones masih dikenang hingga sekarang.

Sekilas tentang kehidupan Diana Wynne Jones

Jones lahir di kota London dari pasangan Richard Aneurin Jones dan Marjorie Jackson. Jones sempat berpindah-pindah kota sebelum akhirnya kembali ke kota kelahirannya, London pada tahun 1943. Jones kemudian menetap di Thaxted, Essex.

Jones berserta dua saudara perempuannya, Isobel (Professor Isobel Armstrong) dan Ursula menghabiskan masa kecil mereka di Thaxted, Essex. Usai lulus sekolah, Jones kemudian melanjutkan pendidikan bahasa Inggris di St Anne's College di Universitas Oxford dan lulus pada tahun 1956.

Di tahun yang sama, 1956 Jones menikah dengan John Burrow, yaitu seorang pakar sastra abad pertengahan. Pernikahan Jones dengan Burrow dikaruniai tiga orang anak, mereka adalah Richard, Michael, dan Colin. Usai beberapa tahun menetap di kota London, pada tahun 1957, mereka pun memutuskan kembali ke Oxford yang akhirnya pindah ke Bristol pada tahun 1976.

Karya Diana Wynne Jones

Sebagai penulis hebat, Jones punya banyak karya yang diganderungi banyak orang. Adapun tema buku-buku Jones berkisar seputar komedi kocak hingga analisis sosial. Dari kesekian maha karya Jones, salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah The Tough Guide To Fantasyland.

Buku-buka Harry Potter adalah salah satu maha karya yang sering dibanding-bandingkan dengan karya tulis Jones. Buku Harry Potter memang menuai kesuksesan besar, dan kesuksesan yang diraih oleh buku-buku Harry Potter memang menjadi salah satu pemicu tenggelamnya sebagian karya terbaik Jones.

Selain adu kehebatan dengan buku Harry Potter, karya Jones juga sering dibanding-bandingkan dengan karya Robin McKinley dan Neil Gaiman. Jones sendiri notabene berteman dengan McKinley dan Gaiman. Jones dan Gaiman saling menyukai karya masing-masing. Jones bahkan sempat mempersembahkan novelnya berjudul Hexwood untuk Gaiman.

Howl's Moving Castle adalah salah satu karya novel Jones yang penulisannya terinspirasi dari seorang pria yang memintanya untuk menulis sebuah novel yang mengisahkan tentang sebuah istana berjalan. Novel Howl's Moving Castle diterbitkan di Amerika dan sukses menjadi juara II pada anugerah tahunan Boston Globe–Horn Book Award.

Jones meninggal dunia

Pada 2009 Jones didiagnosis mengidap kanker paru-paru. Meski operasi yang dijalani Jones berlangsung sukses, namun pada 2010 Jones akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kemoterapinya karena membuatnya terus didera rasa sakit. Jones akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 26 Maret 2011.

Profil Diana Wynne Jones

Nama lahir: Diana Wynne Jones
Tempat/tgl. lahir: 16 Agustus 1934, London - Inggris
Pekerjaan: Penulis
Aliran sastra: Novel fantasi anak
Tema: Fiksi fantasi

Karya populer:
Seri Chrestomanci
Dalemark Quartet
Howl's Moving Castle

Penghargaan: 
Guardian Prize 1978
Mythopoeic Award 1996, 1999
World Fantasy Award for Life Achievement 2007

Related posts:

No response yet for "Profil Diana Wynne Jones"

Post a Comment