Sekilas Tentang Trend “Ice Bucket Challenge”

Apa yang anda ketahui mengenai Ice Bucket Challenge, atau bahkan anda sudah pernah mencoba tantangan ini. Ice Bucket Challenge adalah aksi penggalangan dana bagi yayasan untuk penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penggagas Ice Bucket Challenge dilakukan pertama kali pada tahun 2012 oleh Pete Frates, bintang lapangan di Boston College Baseball yang menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) dan sahabatnya, Correy Griffin. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis sekaligus berdonasi.

ALS adalah penyakit degeneratif yang menyerang saraf secara progresif yang mengakibatkan sel saraf motorik pada otak dan sumsum tulang belakang menjadi tak berfungsi, sehingga menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Penyebab dari ALS atau yang lebih dikenal dengan Lou Gehrig's disease belum diketahui secara pasti. Namun beberapa penelitian di Universitas Northwestern, Amerika Serikat, menemukan bahwa penyebab dasar dari ALS dikarenakan adanya kerusakan pada sistem daur ulang dari protein pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Cara mengikuti challenge ini sangat mudah, anda tinggal beraksi menyiram kepala dengan seember es batu dan jangan lupa untuk didokumentasikan, bisa berupa video atau foto. Nah, video atau foto tersebut diunggah ke jejaring sosial, serta menyumbangkan 10 dolar ke asosiasi ALS kemudian menantang orang lain untuk melakukan aksi yang sama. Jika orang yang ditantang menerima tantangan tersebut dan mengunggahnya ke jejaring sosial dalam waktu 24 jam, maka ia hanya menyumbangkan 10 dolar. Namun jika ia menolak, maka harus membayar 100 dolar demikian seterusnya.

Ice Cube Challenge ini sudah dilakukan banyak kalangan dari orang awam, pengusaha, artis hingga para politisi. Berikut beberapa orang terkenal yang sudah menaklukan tantangan ini :

Ice Bucket Challenge
Ben Affleck dan sang istri saat menaklukan tantangan

Ice Bucket Challenge
VJ Daniel menantang seseorang untuk melakukan Ice Cube Challenge

Ice Bucket Challenge
Aksi gaya Justin Bieber dalam Ice Cube Challenge

Related posts:

No response yet for "Sekilas Tentang Trend “Ice Bucket Challenge”"

Post a Comment